Tips untuk Berhenti Membanding-bandingkan Diri Sendiri dengan Orang Lain

Tips untuk Berhenti Membanding-bandingkan Diri Sendiri dengan Orang Lain, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Membandingkan diri sendiri dengan orang lain adalah hal yang tak terelakkan dalam hidup. Semua orang pasti pernah melakukannya. Setiap melihat kesuksesan orang lain (atau minimal sukses yang tampak dari postingan Instagram dan Facebook mereka), kita cenderung membandingkannya dengan pencapaian pribadi.

Kadang terbersit rasa iri karena hidup mereka tampak sangat bahagia, sedangkan hidup dan prestasi kita begitu-begitu saja. Akibatnya, kita jadi merendahkan diri sendiri dan merasa gagal.

Penelitian yang diterbitkan jurnal Cyberpsychology, Behavior, and Social Networking, menunjukkan, Facebook adalah faktor terbesar yang menyebabkan hilangnya kepercayaan diri banyak responden, buruknya kesehatan mental pengguna, serta mendorong seseorang merasa tidak pede dengan bentuk badannya sendiri.

Malahan, penelitian lain menyimpulkan seseorang berpeluang lebih percaya diri dan berpikiran positif, setelah menonaktifkan Facebook.

Sebenarnya, membandingkan diri ada manfaatnya, bila hal itu membuatmu tergerak berbenah dan menata hidup. Tapi, kalau kamu malah merasa iri dan gagal, lantas depresi, sebaiknya kamu berhenti melakukannya, sebelum perasaanmu memburuk. Berikut ini saran-saran lain yang mungkin bisa kamu ikuti.

Unfollow influencer, fokus pada pencapaian pribadimu

Kehidupan mewah selebgram dan YouTuber favoritmu bikin sirik? Ya unfollow dan unsubscribe saja mereka! Tidak akan membuat kamu rugi, kok. Sebaiknya berhenti mengikuti siapa saja yang bikin kamu rendah diri. Tidak peduli itu teman dekat sekali pun. Kamu berhak untuk merasa lebih baik.

Tapi, kalau kamu masih ingin menjalani hubungan yang baik dengan mereka, tidak ada salahnya kalau kamu mengurangi penggunaan media sosial. Jangan sering-sering buka Instagram atau Facebook. Yang ada, kamu malah tambah iri nantinya.

Jauh lebih baik kalau kamu membandingkan kondisimu saat ini dengan masa lalu. Kamu akan merasa lebih bersyukur atas apa yang kamu punya sekarang. Tentukan tujuan hidupmu dan fokus mewujudkannya. Percayalah, kalau ini jauh lebih produktif dan bermanfaat bagi diri sendiri.

Kendalikan diri

Ada hal positif dari membandingkan diri, tapi bisa jadi tidak sehat kalau malah membuat muram. Apalagi kalau sampai menghambatmu dalam mencapai impian. Kamu jadi tidak fokus dengan apa yang ingin dicapai.

Sebaiknya kamu mengendalikan diri, dan pikirkan hidupmu sendiri. Kamu hanya akan menyia-nyiakan waktu yang berharga, kalau terlalu fokus pada kesuksesan orang lain.

Hargai dirimu

Setiap kali kamu mulai membandingkan diri dengan orang lain, kamu harus sadar kalau kenyataan tidak selalu sama dengan apa yang mereka tampilkan di media sosial. Contohnya, kamu bisa mengubah pikiranmu menjadi, “Dia memang cantik dan populer, tapi aku tidak tahu apa yang dia jalani setiap harinya. Tidak ada orang yang bisa hidup mulus tanpa cobaan.”

Selain itu, kamu juga bisa mengatasinya dengan mensyukuri apa yang kamu punya sekarang. Kamu akan merasa lebih bahagia, dan berhenti membanding-bandingkan diri.

Bersikaplah lebih ramah

Mulailah berusaha bersikap lebih baik kepada semua orang. Tanya kabar kenalanmu. Kalau kamu merasa ada temanmu yang hidupnya bahagia, ajak mereka ngobrol. Sekadar tanya kabar saja. Mungkin mereka malah akan menceritakan yang sebenarnya. Kamu akan sadar kalau setiap orang punya perjuangannya masing-masing.

Jadilah teman yang baik buat mereka. Kasih saran jika memang mereka membutuhkan.

Related

Tips 6482551358054338029

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item