Gara-gara Tren Dalgona, Penjualan Kopi Instan di Dunia Meningkat Pesat

Gara-gara Tren Dalgona, Penjualan Kopi Instan di Dunia Meningkat Pesat, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Selama masa pembatasan sosial berlangsung akibat pandemi, terdapat tren membuat kopi unik ala kafe-kafe di Korea Selatan, yang dikenal dengan dalgona coffee.

Tren dalgona coffee mencapai puncaknya pada Maret lalu, dan Indonesia pun tak ketinggalan. Selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) berlangsung, kita melihat banyak orang di sosial media pamer racikan kopi ala negeri oppa.

Resepnya mudah, yakni cukup butuh susu cair, dua sendok teh kopi instan, gula, dan air hangat. Biar sederhana, tantangan sebenarnya adalah dalam membuat krim dalgonanya yang bisa bikin tangan pegal.

Dalgona sebenarnya terinspirasi dari permen dalgona yang tenar di Korea Selatan sewaktu zaman perang, kisah di baliknya pun sedih sekali. Orang tua di Korea zaman dulu tak mampu membelikan anak-anak mereka permen seperti yang dibawa oleh para tentara Amerika, sehingga mereka membuat permen dari gula yang diaduk dengan air panas.

Google Trends bahkan mencatat dalgona coffee menjadi resep yang paling dicari sepanjang Maret dan seterusnya.

Associate Director untuk Riset Makanan dan Minuman di Mintel, Jonny Forsyth, mengungkap, gegara dalgona ini permintaan kopi instan meroket pesat dibanding waktu-waktu sebelum pandemi.

Bukan cuma buat bikin dalgona, tapi juga kopi menjadi pelarian warga untuk mendongkrak energi dan memberi rasa nyaman kepada konsumennya. Apalagi produk ini harganya terjangkau dan resisten terhadap resesi.

Bloomberg sampai membuat tulisan khusus soal tren penjualan kopi instan yang meningkat berkali lipat di masa pandemi.

Mengutip Leaderpost.com, perusahaan makanan-minuman terbesar di dunia, Nestle SA, mengaku penjualan kopi instan mereka naik luar biasa seiring dengan tutupnya kedai-kedai kopi dan juga restoran.

Publik, kata mereka, jadi lebih paham variasi rasa yang ditawarkan kopi instan. Nestle baru-baru ini juga meluncurkan kopi instan Starbucks yang kini jadi perhatian. Tapi, produk mereka paling laris tetaplah Nescafe. Kopi yang katanya satu dari 7 cangkir kopi yang diminum di dunia, salah satunya pasti dari brand ini.

Apalagi nescafe juga jadi kopi yang direkomendasikan untuk membuat dalgona kopi.

"Konsumen habiskan banyak waktu di rumah dan mencoba resep baru, di mana mereka menikmati pengalaman minum kopi seperti di restoran dan kafe," ujar Philip Navratil, Global Head of Beverage Strategic Business Unit di Nestle.

"Kopi Dalgona hanya satu contoh tren global yang membuat kopi semakin laris," tambahnya.

Related

News 299748961416299941

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item