Jerinx SID Bicara Soal Serangan Jantung, Tanggapan Dokter Spesialis: Ngawur!

Jerinx SID Bicara Soal Serangan Jantung, Tanggapan Dokter Spesialis: Ngawur! naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Aktivitas drummer band Superman is Dead (SID), Jerinx, di media sosial belakangan ramai dibicarakan warganet. Kali ini, tweet-nya direspons dengan geram oleh @berlianidris karena diduga telah membuat pernyataan yang keliru. Respons tweet Jerinx SID tersebut viral dan telah disukai ribuan orang di Twitter.

Berdasarkan profilnya, Berlian Idris adalah seorang dokter spesialis jantung dan pembuluh darah. Waktu itu, ia dibuat kesal oleh Jerinx yang mencuitkan bahwa stres adalah penyebab utama penyakit jantung.

Idris pun merespons, "Ngawur! Stres bukan faktor risiko utama penyakit jantung koroner. Data registri terbesar mengenai serangan jantung (National Registry of Myocardial Infarction) pada >540,000 pasien melaporkan 5 faktor risiko utama: hipertensi, merokok, kolesterol, diabetes, & riwayat keluarga."

Penjelasan sang dokter itu berdasarkan publikasi ilmiah dari Pusat Nasional untuk Informasi Bioteknologi AS, yang menyatakan bahwa sebanyak 85% orang yang mengalami serangan jantung untuk pertama kali, setidaknya memiliki 1 dari 5 faktor risiko utama. Dari kelima faktor risiko itu tidak mencantumkan stres sebagai penyebab utama serangan jantung.

Meski bukan penyebab yang utama, institusi yang sama menyatakan bahwa stres ternyata juga bisa menyebabkan serangan jantung dalam jangka panjang.

Stres kronis dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, meningkatnya pacu detak jantung, dan menyebabkan makan berlebihan, merokok, dan minum lebih banyak alkohol.

Semua hal tersebut merupakan faktor risiko utama untuk serangan jantung. Stres mendadak juga bisa memicu peristiwa seperti serangan jantung, yang disebut takotsubo cardiomyopathy atau "sindrom patah hati", karena memiliki gejala yang serupa, yaitu sesak napas dan nyeri dada.

Seiring berjalannya waktu, keadaan stres yang berkepanjangan dapat berdampak negatif pada jantung manusia. Oleh karena itu, rajin berolahraga, meditasi, dan sering menyalurkan hobi bisa membuat stres berkurang atau lebih terkendali, yang hasilnya bisa meningkatkan kesehatan jantung.

Kesimpulannya, stres memang bisa berkontribusi, namun bukan sebagai faktor risiko utama.

Kini, @official_jrx telah ditangguhkan oleh Twitter, warganet termasuk dokter Berlian menduga bahwa hal itu disebabkan banyaknya orang yang membuat pengaduan terhadap akun tersebut.

Related

News 3202957090780918519

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item