Jokowi Minta Kita Berdamai dengan Virus, DPR: Apa Virus Mau Berdamai dengan Kita?

Jokowi Minta Kita Berdamai dengan Virus, DPR: Apa Virus Mau Berdamai dengan Kita? naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Anggota Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat, Saleh Daulay, mempertanyakan pengujian ilmiah dan akademis dari ajakan pemerintah menerapkan new normal dan berdamai dengan Covid-19. Saleh mengatakan, pemerintah harus mempelajari konsep secara saksama.

Jika narasi hidup bersama Covid-19 dan new normal itu sangat mudah digaungkan, orang bisa berdamai dengan Covid-19. “Tapi, apakah Covid-19 mau berdamai dengan kita? Itu yang perlu dilakukan pengujian," kata Saleh.

Saleh mengingatkan, Covid-19 bukan masalah sepele. Dia meminta pemerintah tak cuma mendasarkan pada pernyataan Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengenai new normal. Namun juga harus berdasarkan fakta ilmiah yang ditemukan oleh para peneliti Indonesia.

Menurut Saleh, protokol kesehatan perlu diterapkan secara ketat jika pemerintah hendak menerapkan new normal dan hidup bersama Covid-19. Namun dia juga mengatakan perlunya penelitian penggunaan masker dan jaga jarak.

"Perlu dipastikan bahwa seseorang akan selalu aman jika keluar rumah selama menjaga jarak dan memakai masker. Untuk menjelaskan hal itu tentu dibutuhkan penelitian," ujar politikus Partai Amanat Nasional ini.

Saleh meminta hasil penelitian itu disampaikan oleh para peneliti agar lebih representatif. Hidup bersama Covid-91 dan new normal itu mungkin sudah ditunggu-tunggu banyak orang, tetapi demi keselamatan semua perlu hati-hati. “Seperti kata presiden, jangan sampai keliru memutuskan."

Presiden Joko Widodo sebelumnya mencontohkan tatanan hidup baru atau new normal dengan menerapkan protokol Covid-19, seperti menjaga jarak aman, rajin mencuci tangan setelah beraktivitas, dan memakai masker. Menurut Jokowi, hal-hal itu harus dipegang dalam tatanan kehidupan baru nanti.

Jokowi pun menampik jika hidup berdampingan dengan Covid-19 sama dengan menyerah melawan penyakit itu.

"Kehidupan kita sudah pasti berubah untuk mengatasi risiko wabah ini. Itu keniscayaan. Itulah yang oleh banyak orang disebut sebagai new normal," kata Jokowi.

Baca laporan lengkap » Semua Hal tentang Virus Corona, di Indonesia dan Dunia.

Related

News 3107891249699352256

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item