Tips dan Langkah Mudah agar Laptop Tidak Lemot Lagi (Bagian 1)

Tips dan Langkah Mudah agar Laptop agar Tidak Lemot Lagi naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Beragam perangkat elektronik telah terbukti memberikan kemudahan dalam kehidupan kita sehari-hari. Salah satunya lewat fitur otomatis yang terkandung di dalamnya. Namun, tetap saja kita masih butuh cara manual jika mengalami masalah, seperti menurunnya kinerja sebuah PC atau laptop.

Istilah lemot kerap disematkan ke sebuah perangkat jika kinerjanya dinilai telah menurun. Hal ini tentu cukup mengganggu. Tapi tenang, kamu bisa melakukan 10 langkah berikut untuk meningkatkan kinerja PC. Simak ulasannya berikut.

Periksa program startup 

Ketika komputer dinilai lambat saat mulai dioperasikan, penyakit umumnya terlalu banyak program startup. Untuk mengatasi hal ini di Windows 10, klik kanan logo Windows, kemudian pilih Task Manager. Setelah itu klik tab Startup.

Di sini, kamu akan melihat semua program yang diatur untuk dihidupkan ketika Windows melakukan booting. Lihatlah kolom di sebelah kanan berlabel Startup Impact. Periksa apa pun yang dinilai memiliki dampak tinggi atau sedang, kemudian putuskan apakah itu benar-benar penting atau tidak.

Misalnya, jika semua yang kamu lakukan pada PC adalah permainan, maka jawabannya mungkin ya. Tapi, jika PC kamu sifatnya serbaguna, tentu tidak memerlukan dampak yang tinggi. Kamu bisa mengubahnya dengan cara pilih satu per satu, lalu klik Nonaktifkan di sudut kanan bawah.

Sesuaikan pengaturan restart PC

Ketika PC melakukan restart secara otomatis karena pembaruan sistem atau program, Windows 10 mencoba untuk membuka kembali semua yang terbuka pada desktop sebelum shutdown. Ini adalah fitur yang bagus, tetapi juga dapat memengaruhi kinerja.

Untuk mematikannya, kamu cukup buka menu Setting/Pengaturan, klik Account, dan pilih menu Sign in Option/Opsi Masuk. Di bawah button Privasi, geser ke posisi off yang bertuliskan Use My Sign-In Info To Automatically Finish Setting Up My Device And Reopen My Apps After An Update Or Restart.

Hapus bloatware dan aplikasi berlebihan

Perlambatan dalam proses booting dan startup hanyalah setengah dari masalah menurunnya kinerja PC. Ada beberapa program bawaan atau Bloatware yang terinstal di PC namun dinilai kurang dibutuhkan/bermanfaat.

Klik kanan pada aplikasi Windows 10 Store di menu Start dan pilih 'Uninstall'. Ini juga berfungsi untuk aplikasi desktop biasa, tetapi direkomendasikan gunakan metode lama, yaitu melalui Kontrol Panel untuk menghapusnya.

Periksa ruang penyimpanan

Windows 10 menyediakan banyak informasi untuk melihat dan mengelola penyimpanan PC. Untuk menemukannya, kamu masuk ke menu Setting/Pengaturan, pilih System, lalu klik Storage/Penyimpanan.

Di sana akan terpampang penggunaan penyimpanan utama sistem, termasuk berapa banyak ruang yang digunakan untuk aplikasi, file, gambar, file sementara, dan sebagainya. Ada kotak panjang horizontal yang di dalamnya memiliki warna biru, untuk menunjukkan berapa kapasitas yang tersisa di ruang penyimpanan.

Jika warnanya sudah berubah jadi merah, artinya ruang penyimpanan hampir penuh. Kamu harus mulai membongkar file ke drive lain atau menghapusnya.

Namun, kamu perlu mengetahui apa yang harus dihapus. Ada beberapa hal yang sangat penting untuk diperhatikan, khususnya di bagian Aplikasi & fitur. Jangan hapus instalan Microsoft Visual C ++ yang dapat didistribusikan. Tetapi, tiap program berbeda tergantung pada versinya.

Selain itu, jika kamu melihat sesuatu di bagian Other/Lainnya, folder apa pun yang berlabel AMD, Nvidia, atau Intel, harus dibiarkan sendiri. Kamu juga tidak perlu menyentuh bagian Sistem & Cadangan.

Secara umum, jika kamu tidak tahu apa yang dilakukan, maka jangan mencopot atau menghapusnya. Di bagian ini, kamu juga dapat mengaktifkan fitur yang disebut Storage Sense, yang secara otomatis menghapus file sementara dan sampah ketika tidak diperlukan.

Mengubah power plan

Windows 10 menggunakan daya Balanced (seimbang) yang terkadang dapat menghambat kinerja PC. Kamu bisa mengubahnya dengan membuka Control Panel, lalu pilih Power Options.

Pada panel berikutnya, klik Create a Power Plan. Setelah itu, dan pilih opsi High Performance.

Baca lanjutannya: Tips dan Langkah Mudah agar Laptop Tidak Lemot Lagi (Bagian 2)

Related

Tips 8162607332511598900

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item