Tips dan Langkah Mudah agar Laptop Tidak Lemot Lagi (Bagian 2)

Tips dan Langkah Mudah agar Laptop agar Tidak Lemot Lagi, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Tips dan Langkah Mudah agar Laptop Tidak Lemot Lagi - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan urutan lebih lengkap, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Matikan OneDrive

Jika kamu tidak menggunakan OneDrive demi mengurangi penggunaan sumber daya sistem yang berlebihan, hal yang perlu dilakukan adalah mematikan OneDrive di bawah tab Startup di Task Manager (jika ada).

Atau juga dapat membuka menu Start/Mulai, klik kanan menu OneDrive dan pilih Uninstall atau Copot Pemasangan. Ini akan menghapus OneDrive dari PC, tetapi semua file masih di OneDrive. Akan lebih bijak jika kamu menyalin file OneDrive ke bagian lain dari PC sebelum melakukan hal ini.

Hentikan pembaruan background

Pembaruan Background/Latar Belakang di Windows dapat menurunkan kinerja koneksi serta mesin PC. Untuk mengatasinya, setel Wi-Fi atau koneksi Ethernet kabel dari menu Setting/Pengaturan lalu pilih Jaringan & Internet, Wi-Fi, atau  Ethernet.

Ini akan memberi tahu Windows 10 agar tidak mengunduh pembaruan besar apa pun saat menggunakan koneksi Wi-Fi, setidaknya untuk sementara waktu, yang pada akhirnya akan tetap dipaksa upgrade.

Mempercepat menu dan animasi

Seperti versi lain dari sistem operasi, Windows 10 menggunakan efek visual yang dapat mengurangi kinerja PC, seperti animasi, efek bayangan, dan sebagainya. Untuk menyesuaikannya, kamu bisa mencari Perfomance di taskbar dan pilih Adjust The Appearance And Performance Of Windows.

Windows 10 mencoba untuk memilih pengaturan yang terbaik untuk PC, tetapi kamu juga dapat memilih opsi Adjust For Best Performance, lalu klik Apply. Alternatif lain adalah memeriksa daftar secara manual, dan menghapus centang yang tidak ingin kamu gunakan.

Pulih dari perlambatan yang mendadak

Jika kinerja PC tiba-tiba melambat, ada dua penyebab yang harus diperhatikan. Pertama, buka menu Setting/Pengaturan, lalu Update & Security, kemudian View Update History. Apakah ada pembaruan yang diinstal pada saat PC mulai melambat?

Jika demikian, cari secara online dengan nomor KB pembaruan. Setelah itu lihat apakah ada orang lain yang mengeluhkan hal yang sama di situs berita PC, forum, dan sebagainya.

Jika ada banyak orang yang mengalami masalah sejak pembaruan itu, maka kamu mungkin perlu menghapus instalannya. Atau, menunggu Microsoft mengirim perbaikan, walau itu bisa memakan waktu cukup lama.

Selanjutnya, jalankan pemindaian untuk malware. Lakukan secara offline dengan menggunakan Windows Defender untuk memastikan semuanya baik-baik saja.

Tips hard drive

Kiat terakhir ini tidak memengaruhi PC dengan solid-state drive (SSD), tetapi berguna untuk mereka yang menggunakan hard drive. Hal ini dapat dilakukan dengan sedikit perawatan ekstra dari waktu ke waktu dan menjadi gaya lama yang baik, khususnya bagi pengguna PC lama.

Pertama, gunakan fasilitas Defragment dan Optimize Drives. Pilih drive yang ingin kamu tangani, kemudian klik kanan untuk ke properties, lalu pilih tombol Optimize/Optimalkan. Kamu juga dapat mengaktifkan tindakan tersebut melalui optimasi otomatis.

Berikutnya, adalah utilitas pembersihan disk. Cari Disk Cleanup dari kotak pencarian menu. Pilih drive yang ingin kamu bersihkan dan jalankan.

Sepuluh kiat ini hanya sebagian kecil untuk bisa membantu menambah kinerja PC. Hasilnya bisa lebih bagus jika kamu lebih memperhatikan page file, mematikan indeks pencarian, dan memperbarui komponen driver.

Jika semua langkah ini masih kurang meningkatkan kinerja PC, mungkin sudah saatnya untuk melakukan peningkatan terhadap perangkat keras PC. Beralih ke SSD atau drive M.2 yang menawarkan peningkatan paling nyata, sambil memasang lebih banyak RAM.

Related

Tips 6019125465974665927

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item