Sandiaga Akui Habiskan Rp 1 Triliun untuk Pilkada dan Pilpres: Saya Terlalu Naif dan Sedikit Bloon

Sandiaga Akui Habiskan Rp 1 Triliun untuk Pilkada dan Pilpres: Saya Terlalu Naif dan Sedikit Bloon, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Wakil Ketua Pembina Partai Gerindra, Sandiaga Uno, mengaku telah menghabiskan uang sekitar Rp 1 triliun dalam masa Pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta 2017 dan Pemilihan Presiden 2019.

Pengakuan itu dilontarkannya dalam video yang diunggah ke kanal YouTube Refly Harun pada Minggu lalu.

Ahli hukum tata negara, Refly Harun, awalnya bertanya berapa uang yang telah dihabiskan Sandiaga ketika Pilkada DKI Jakarta tahun 2017 lalu.

"Bung, ini harus jujur, tahun 2017 Pilkada DKI habis berapa, Bung?" tanya Refly.

"Waduh, itu sudah saya laporkan di LHKPN, angkanya saya lupa, tapi hampir Rp 300-an miliar," ujar Sandi.

Kemudian, saat ditanya berapa uang yang ia habiskan dalam Pilpres 2019, Sandi menjawab dua kali lipat biaya Pilkada DKI Jakarta.

"Ini juga sudah saya laporkan, hampir Rp 600-an miliar totalnya," jawab Sandi sambil tertawa.

"Nah, jadi Rp 1 triliun. Yang lainnya jangan bermimpi menjadi calon presiden dan calon gubernur DKI," sahut Refly.

"Ada yang enggak punya apa-apa, tapi tahu-tahu jadi kandidat. Saya aja terlalu naif dan sedikit bloon gitu, lah," kelakar Sandi.

Mendengar perkataan Sandi, Refly ikut tertawa lepas. Ia menanggapi, "Kan Bung harus membantu kaum duafa, dari orang-orang yang disebutkan next calon-calon presiden ke depan yang mapan, kan cuma Bung Sandi."

"Anies kan modalnya masih begitu doang. Ganjar juga begitu. RK (Ridwan Kamil) juga begitu. Khofifah juga begitu," imbuhnya.

Sandi lalu menjelaskan bahwa dirinya tidak ada penyesalan sama sekali lantaran harus kehilangan banyak uang selama Pilkada dan Pilpres.

"Buat saya tidak ada penyesalan sama sekali. Buat saya ini adalah bagian daripada perjuangan dan pengobanan, dan memang kalau di politik itu kalau kita mandiri ya harus berani keluar uang sendiri," ucap Sandi dalam penghujung video.

Related

News 3701673806765050683

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item