Teori Konspirasi Seputar Virus Corona yang Muncul di Berbagai Negara

Teori Konspirasi Seputar Virus Corona yang Muncul di Berbagai Negara, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Klaim khas teori konspirasi terkait virus corona bermunculan di berbagai tempat di dunia sejak lama. World Health Organization menyatakan teori konspirasi menjadi masalah serius, setidaknya pada Februari 2020. Penyebarannya lebih cepat daripada virus Corona, dan membingungkan khalayak luas.

Kolumnis koran Arab Saudi Al-Watan, Sa'ud al-Shehry, menulis bahwa virus Corona diciptakan oleh Amerika Serikat. Bukan suatu kebetulan virus tersebut melanda China yang merupakan saingan AS. Al-Shehry menduga, Corona akan melanda Mesir, tapi tidak Amerika dan Israel. Tulisan al-Shehry dirilis pada Februari 2020 dan pasien positif COVID-19 di AS mencapai 1.030.315, terbanyak di dunia per 29 April 2019.

Media Al-Thawra, melalui kolom yang ditulis Hussein Saqer, juga mengajukan klaim serupa. Al-Thawra bahkan menuding AS turut menciptakan Ebola, Zika, dan SARS untuk menyerang negara-negara lain.

Al-Watan adalah media tempat Jamal Khasoggi pernah bekerja pada 2003 dan 2007 silam. Khasoggi dikeluarkan karena mengkritik kaum Salafi di Saudi. Khasoggi sendiri akhirnya dibunuh oleh 11 orang dari Saudi. Sedangkan Al-Thawra adalah media yang didirikan dan didanai oleh pemerintah Suriah.

Mesir tidak mau ketinggalan. Jurnalis Vetogate, Ahmad Rif'at, mengklaim AS sengaja memilih Wuhan sebagai pusat penyebaran Corona. Kondisi Wuhan yang tidak terlalu padat dibanding kota besar di Cina seperti Shanghai atau Beijing membuat Amerika yakin menjadikan Wuhan target serangan dengan harapan tak menjadi perhatian publik.

Teori konspirasi ini juga dianut oleh pemimpin negara Timur Tengah lainnya seperti Iran. Pemimpin Iran, Ayatollah Ali Khamenei, misalnya, menganggap virus Corona yang awalnya menyerang Cina sebenarnya dibuat untuk menyerang Iran dan mengambil data-data genetik warga Iran.

“Mungkin saja obatmu (Amerika) malah menyebabkan penyebaran Corona lebih masif lagi,” tukas Khamenei, dilansir Al-Jazeera.

Di AS sendiri, spekulasi lain beredar. Sejumlah warga percaya virus Corona adalah senjata biologi buatan Cina. Teori konspirasi ini juga disokong oleh senator dari Partai Republik pendukung Donald Trump, Tom Cotton. Apa yang mendasarinya? Tidak ada, selain “akal sehat”.

Baca laporan lengkap » Semua Hal tentang Virus Corona, di Indonesia dan Dunia.

Related

News 326436646816321080

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item