Yang Perlu Diperhatikan Pedagang Kaki Lima dan Pembelinya di Era Normal

 Yang Perlu Diperhatikan Pedagang Kaki Lima dan Pembelinya di Era Normal, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Tak dimungkiri, pedagang makanan kaki lima adalah 'harta karun' di Indonesia. Berbagai makanan enak rata-rata dijual di pinggir jalan di kaki lima.

Penjaja makanan tradisional, termasuk di daerah, banyak yang tak rajin cuci tangan usai memegang banyak hal, termasuk uang, kemudian memegang makanan. Anda tentunya masih ingat ada ungkapan yang menyebut "makin enak karena pakai tangan."

Namun tak dimungkiri kalau pandemi corona membuat orang-orang akhirnya menjadi lebih aware soal kebersihan dan kesehatan. Bukan tak mungkin kalau nanti pada akhirnya pedagang kaki lima diminta untuk berubah agar lebih memperhatikan kebersihan dagangan mereka.

Hal ini sebenarnya bukan 'permintaan' baru. Namun adanya pandemi ini tak langsung bakal menuntut banyak orang dan semua pihak untuk berubah dan jadi lebih bersih, misalnya pakai sarung tangan plastik ketika jualan, memakai capit, cuci tangan, dan cuci peralatan makanan yang bersih.

"Beberapa waktu lalu sempat beli bubur enak banget dan langganan di daerah Pondok Indah. Tapi tiba-tiba lagi bungkusin makanan, abangnya tiba-tiba bersin dan dia enggak pakai masker. Akhirnya dibayar dan bawa pulang, tapi akhirnya dibuang aja. Bukan gimana-gimana, tapi takut aja," ucap Farid.

"Waktu kasus COVID-19 heboh di China, gue makan di kantin samping kantor. Eh, pas nyuapin makan, si ibu batuk, dong. Pusing langsung kepala gue," kata Wira.

"Kalau emang dari lihat aja sudah enggak bersih, lebih baik enggak usah dibeli," tambah Dini.

"Gue lebih ke beli makan kaya jajanan pinggiran yang gue bakal pertimbangin banget," ucap Mia, responden lainnya.

Berbeda dengan beberapa orang lainnya, ada juga kemungkinan untuk masih bisa menolerir penjual kaki lima yang tak terlalu higienis.

"Tapi pasti abis itu dipanasin lagi di rumah," ucap Dhika, responden lainnya.

Baca laporan lengkap » Semua Hal tentang Virus Corona, di Indonesia dan Dunia.

Related

News 4111183087654218514

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item