Apakah Minum dan Berendam Air Panas Dapat Menyembuhkan Covid-19?

Apakah Minum dan Berendam Air Panas Dapat Menyembuhkan Covid-19? naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Minuman panas dapat memberikan kenyamanan, terutama saat cuaca dingin. Efeknya dapat bertindak sebagai pelega bagi pikiran yang sedang bermasalah. Minuman panas pun dapat membantu suhu tubuh kita jadi dingin ketika cuaca terasa sangat panas.

Tetapi, satu hal yang tidak akan dilakukan oleh minuman panas adalah melindungi tubuh manusia dari COVID-19.

"Tidak ada bukti bahwa minuman panas akan melindungi (manusia) dari infeksi virus," ungkap Ron Eccles, seorang ahli penyakit pernapasan di Universitas Cardiff, Inggris.

Eccles telah melakukan penelitian pada masa lalu tentang dampak nyata dari minum cairan panas ketika seseorang menderita demam dan flu. Dia menemukan bahwa walaupun minuman panas dapat meredakan gejala pilek, sebagian efeknya disebabkan oleh peningkatan sekresi air liur dan lendir (di mulut dan hidung) yang menenangkan peradangan.

Bagaimanapun, dia juga menyimpulkan bahwa kemungkinan ada efek plasebo (pengaruh sugesti untuk sembuh) yang berpengaruh kuat dalam kasus ini.

Sementara dalam kasus SARS-CoV-2, air panas sama sekali tidak memberikan dampak nyata. Virus ini tidak bisa dihanyutkan hanya dengan berkumur atau meminum air panas secara teratur.

Meskipun SARS-CoV-2 dapat masuk ke dalam tubuh melalui hidung dan mulut, dalam wujud butiran-butiran kecil, virus ini cenderung langsung menginfeksi sel-sel saluran pernapasan.

Sel-sel ini membawa enzim pada permukaannya, yang dibutuhkan virus untuk masuk ke dalam tubuh. Ketika dihirup, butiran-butiran kecil ini pun akan langsung dibawa ke paru-paru, ke dalam organ yang sulit dijangkau oleh cairan apa pun yang masuk dari mulut.

Begitu berada di dalam tubuh, virus itu juga akan dengan cepat masuk ke dalam sel inang, kemudian perlahan-lahan mereplikasi dirinya. Ini berarti SARS-CoV-2 memiliki kemampuan untuk bersembunyi dengan nyaman dari setiap upaya untuk dibasuh oleh air. 

Demikian pula, begitu berada di dalam sel, SARS-CoV-2 terlindung dari suhu ekstrem, karena suhu tubuh manusia cenderung konsisten pada 37 celsius. Suhu standar ini cocok bagi virus untuk mereplikasi dan menyebarkan dirinya.

Walaupun kita meminum cairan panas, tidak akan terjadi peningkatan suhu yang signifikan di saluran pernapasan, tidak bisa membunuh virus yang telah bersemayam di dalam sel.

Secara teori, diperlukan suhu lebih dari 56 derajat celsius untuk secara efektif membunuh virus corona. Beberapa tes bahkan menunjukkan bahwa dibutuhkan suhu yang lebih tinggi dari 60-65 derajat celsius.

Bagaimanapun, hampir mustahil bagi manusia untuk dapat meminum cairan dengan suhu setinggi ini. Jika pun kita benar-benar nekat, minuman dengan kisaran suhu lebih dari 56-65 derajat celsius akan melepuhkan kulit dan menyebabkan cedera pada organ dalam.

Dalam upaya lainnya, kita pun tidak akan sembuh dari COVID-19 dengan berendam di air panas. Walau berendam di air sepanas apa pun, tubuh kita secara alami akan berjuang untuk menjaga suhu pada 37 celsius. Ketimbang membunuh virus, berendam di dalam air yang terlalu panas bahkan lebih cenderung membakar dan melukai diri sendiri.

Kondisinya akan jadi sangat fatal ketika kita memaksakan peningkatan suhu tubuh hingga 40 derajat celsius. Pada tingkat ini kita akan mengalami stroke panas yang parah. Suhu tubuh yang lebih tinggi dari 40 derajat celsius juga dapat menyebabkan kematian. 

Baca laporan lengkap » Semua Hal tentang Virus Corona, di Indonesia dan Dunia.

Related

Science 4492556900115688355

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item