Berbicara Pada Diri Sendiri ternyata Baik untuk Kesehatan Mental (Bagian 1)

 Berbicara Pada Diri Sendiri ternyata Baik untuk Kesehatan Mental, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Orang mungkin menilai Anda gila ketika berbicara sendiri. Kini, sejumlah ahli mengatakan, berbicara sendiri ternyata menjadi salah satu metode terapi yang paling efektif dan baik buat kesehatan mental.

Bryan E. Robinson dari Universitas Carolina Utara menilai, ia bisa melalui banyak hal karena sering melalui selftalk. Selftalk terkadang membuat perubahan yang lebih baik, tergantung pula dari pengemasan bahasa.

Jika selftalk punya nada yang negatif, maka Anda bisa lebih cemas dan depresi. Sebaliknya, jika memakai persepsi self-talk yang positif, maka itu bisa memitigasi kecenderungan persepsi buruk dalam mental serta membuat lebih sehat.

Jaga jarak dengan diri sendiri

Riset menunjukkan, dalam selftalk, sebutkanlah nama Anda dibandingkan saya. Hal itu memberikan jarak dengan diri sendiri dari bagian penting yang subyektif dalam otak. Metode ini mengajarkan Anda seolah sedang berbicara dengan orang lain.

Dengan pemakaian perspektif orang ketiga, dijamin bisa mengendalikan ego. Studi membuktikan, cara ini sukses menurunkan kecemasan, memberikan kontrol lebih dalam diri, memberikan kebijaksanaan, dan menekan persepsi negatif.

Psikolog dari Universitas Michigan, Ethan Kross, menyatakan penyebutan nama dalam self-talk adalah cara menurunkan kecemasan dalam masa stres. Kross bahkan memberikan survei pada 89 responden melakukan self-talk 5 menit sebelum melakukan pidato. Hasilnya, langkah ini menurunkan kecemasan dan meningkatkan kepercayaan diri.

Membangun dan menguatkan mental

Sebenarnya, pikiran punya tameng untuk menjaga dari kecemasan dan ketakutan. Tandanya, ketika denyut jantung lebih cepat, mata yang lebih tajam, dan napas yang panjang adalah ciri Anda sudah siap untuk bertarung.

Ketika pikiran berkecamuk, selftalk sering membuat keputusan hidup atau mati dalam diri yang membuat Anda bisa melihat berbagai peluang. Fokus pun seperti lensa kamera. Terkadang bisa jadi buram melihat gambaran yang besar.

Seiring berjalannya waktu, Anda sering membangun area buram negatif dalam kacamata pikiran tanpa disadari. Selftalk membantu memperlebar area sudut pandang dan melihat lebih besar solusi, kemungkinan, dan kesempatan serta pilihan yang tersedia.

Menurut Barbara Frederickson dari Universitas Carolina Utara, dalam salah satu studinya dia membagi 104 orang dalam 3 grup besar. Kelompok 1 mengekspresikan perasaan positif seperti syukur dan bahagia. Kelompok 2 mengekspresikan perasaan negatif seperti marah dan takut. Kelompok 3 mengekspresikan perasaan netral.

Ketiga kelompok itu wajib menulis daftar apa yang bisa mereka lakukan dengan perspektif masing-masing. Hasil studi menemukan, kelompok dengan paradigma positif memiliki daftar kemungkinan dan kesempatan yang lebih banyak.

Meyakinkan diri sendiri

Sepanjang 1990, para komedian seringkali membuat lelucon penegasan diri atau self-affirmation, misalnya "Saya cukup pintar," atau "Saya cukup baik."

Al Franked menampilkan karakter fiksi Stuart Smalley dalam parodi Saturday Night Live, sebuah lelucon untuk menolong diri sendiri dengan nama Daily Affirmations-a Psychoterapist Nightmare. Sejak saat itu, banyak orang menyangkal gaya self-affirmation karena dianggap sebagai lelucon semata.

Pada 2014, Clayton Critcher dan David Dunning dari Universitas California Berkeley meluncurkan studi bahwa afirmasi positif memiliki fungsi kognitif yaitu memperluas perspektif untuk membantu otak merespons ancaman terhadap diri sendiri.

Self-affirmation melalui metode selftalk terbukti membantu para peserta riset yang menjalani hubungan jarak jauh dengan keyakinan positif yang lebih berani.

Baca lanjutannya: Berbicara Pada Diri Sendiri ternyata Baik untuk Kesehatan Mental (Bagian 2)

Related

Psychology 6401263548940002114

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item