Biografi Jawaharlal Nehru, Perdana Menteri India dengan Jabatan Terlama

Biografi Jawaharlal Nehru, Perdana Menteri India dengan Jabatan Terlama, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Jawaharlal Nehru lahir pada 14 November 1889, dan ia merupakan negarawan India yang pertama (dan yang paling melayani terlama) sebagai perdana menteri India dari tahun 1947 sampai 1964.

Sebagai tokoh terkemuka dalam kemerdekaan gerakan kemerdekaan India, Nehru terpilih oleh Partai Kongres untuk memangku jabatan Perdana Menteri independen India yang pertama, dan terpilih kembali saat Partai Kongres memenangkan pemilihan umum pertama India pada 1952.

Sebagai salah satu pendiri Gerakan Nonblok, dia juga seorang tokoh penting dalam politik internasional di era pasca-perang. Dia sering disebut Pandit Nehru ("pandit" dalam bahasa Sansekerta dan Hindi artinya "sarjana" atau "guru"), dan, khususnya di India, sebagai Panditji (dengan "-ji" menjadi akhiran nama kehormatan).

Sebagai putra seorang pengacara dan politikus asal India yang kaya, Motilal Nehru, Nehru menjadi pemimpin sayap kiri Kongres Nasional India saat masih cukup muda. Kenaikan pangkat untuk menjadi Presiden Kongres, di bawah bimbingan dari Mahatma Gandhi, Nehru adalah pemimpin karismatik dan radikal, menganjurkan kemerdekaan penuh dari Kerajaan Inggris.

Dalam perjuangan yang panjang untuk kemerdekaan India, di mana ia menjadi juru kunci, Nehru akhirnya diakui sebagai pewaris politik Gandhi. Sepanjang hidupnya, Nehru juga menjadi advokat untuk sosialisme Fabian, dan sektor publik sebagai sarana yang ditantang lama dari pengembangan perekonomian dapat diatasi oleh negara-negara miskin.

Kehidupan pribadi dan Pendidikan

Jawaharlal Nehru lahir dari pasangan Motilal Nehru dan Swaroop Rani dalam keluarga Kashmiri Pandit. Nehru dididik di Britania di sekolah swasta, Harrow School dan Trinity College, Cambridge. Selama di Britania, Nehru dikenal sebagai Joe Nehru.

Pada tanggal 8 Februari 1916, Nehru dengan Kamala Kaul menikah. Pada tahun kedua pernikahan, Kamala melahirkan anak tunggal mereka, Indira Priyadarshini.

Kehidupan dan Karier

Nehru diberi kehormatan tunggal karena telah mengibarkan bendera India sendirian di New Delhi pada 15 Agustus 1947, hari dimana India memperoleh kemerdekaan. Nehru mendapat apresiasi tentang kebajikan demokrasi parlementer, sekularisme dan liberalisme, digabungkan dengan keprihatinan itu bagi masyarakat miskin dan kurang mampu, diakui untuk membimbingnya dalam merumuskan kebijakan yang memengaruhi India untuk hari itu juga.

Mereka juga mencerminkan pandangan dunia asal sosialisnya. Masa yang panjang telah berperan dalam membentuk tradisi dan struktur di India. Dia kadang-kadang disebut sebagai "Arsitek Modern India". Putrinya, Indira Gandhi, dan cucunya, Rajiv Gandhi, juga menjabat sebagai Perdana Menteri India.

Gita Sahgal, seorang penulis dan wartawan yang membahas isu-isu feminisme, fundamentalisme, dan rasisme, direktur film dokumenter yang memenangkan hadiah, dan aktivis hak asasi manusia, merupakan keponakan kesayangannya.

Related

History 2333444497253736878

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item