Fakta di Balik Meme Pemanggul Peti Mati Ghana yang Populer di Dunia

Fakta di Balik Meme Pemanggul Peti Mati Ghana yang Populer di Dunia, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Sebuah meme meraih popularitas amat massif di Internet. Alasan pengguna medsos menggemarinya, bisa kita duga, karena meme ini simbol dari suasana akhir-akhir ini yang amat depresif. Dunia dilanda pandemi corona, kehidupan para pelajar berubah drastis, pesohor yang kita kagumi meninggal, dan perubahan iklim terus mengintai generasi muda.

Kita sedang butuh humor gelap untuk bertahan. Meme para pemanggul peti mati dari Ghana dapat mewakili tema tersebut.

Meme pemanggul peti mati memiliki DNA serupa dengan meme "To Be Continued" yang populer di kalangan pecinta anime Jojo's Bizzare Adventure. Logika dua meme ini ditandai dengan upaya membangun keterkaitan antara satu video viral, dengan video dari Ghana yang jadi punchline leluconnya.

Tapi ada yang beda antara "To Be Continued" dengan pemanggul peti Ghana. Letaknya ada pada pengakuan bahwa topik yang diangkat melibatkan kematian atau cedera yang serius.

"To Be Continued" tidak harus berakhir dengan subyek di video awal mengalami kemalangan yang parah. Sementara, dalam meme pallbearers Ghana, walaupun belum tentu akurat, ide humor yang diangkat seputar kematian dan nasib teramat buruk yang bisa dialami manusia.

Kegemaran terhadap tema-tema gelap menyerempet mati merupakan hal yang lazim di Internet. Satu forum di subreddit r/watchpeopledie, yang saat ini sudah ditutup, dulu sampai punya lebih dari 300.000 subscriber yang isinya melihat video orang mati atau kecelakaan. Kegemaran macam ini pula yang menjelaskan serial TV/komik/film tentang pembunuh berantai terus laris.

Namun meme pemanggul peti mati di Ghana melangkah lebih jauh dari semua diskusi khas Internet seputar kematian. Kita diajak untuk menertawakan mati. Atau setidaknya, kita diminta menoleransi kematian sebagai sumber humor.

Sebab, di negara asalnya, tradisi ini pun memang upaya untuk mengajak masyarakat lebih rileks menghadapi kematian.

Kebiasaan warga Ghana menyewa penari di upacara penguburan jenazah, mulai muncul 10 tahun terakhir. Tiap kelompok biasanya terdiri dari enam orang, memakai jas dan kacamata hitam untuk menghalau sinar terik matahari, mengingat prosesi pemakaman di Ghana biasa berlangsung siang.

Keluarga yang bersedih boleh request tarian macam apa yang ditampilkan. Menari sambil memanggul peti mati adalah bisnis menjanjikan di negara tersebut.

Karena asosiasinya dengan kematian sangat erat, tak heran bila video-video yang editan memenya digabung dengan penari peti mati biasanya tak jauh dari kecelakaan kerja, ulah remaja bodoh yang celaka, atau komentar-komentar politikus yang menyepelekan pandemi corona. Bahkan ada netizen yang menggabungkan adegan puncak film Parasite dengan meme peti mati.

Related

World's Fact 2999926878419530765

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item