Hal-hal Dasar dan Penting Seputar Virus Corona yang Perlu Kita Tahu (Bagian 2)

Hal-hal Dasar dan Penting Seputar Virus Corona yang Perlu Kita Tahu, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Hal-hal Dasar dan Penting Seputar Virus Corona yang Perlu Kita Tahu - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan urutan lebih lengkap, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Jika mengalami demam, batuk, dan sulit bernapas, segera cari bantuan medis. Beri tahu penyedia layanan kesehatan jika Anda telah melakukan perjalanan di daerah di mana 2019-nCoV telah dilaporkan.

Atau jika Anda telah melakukan kontak dekat dengan seseorang yang telah melakukan perjalanan dan memiliki gejala pernapasan.

Mengapa?

Setiap kali mengalami demam, batuk dan kesulitan bernapas, penting untuk mencari pertolongan medis segera, karena ini mungkin disebabkan oleh infeksi pernapasan atau kondisi serius lainnya.

Gejala pernapasan dengan demam dapat memiliki berbagai penyebab, dan tergantung pada riwayat dan keadaan perjalanan pribadi Anda, 2019-nCoV bisa menjadi salah satunya.

Jika Anda memiliki gejala pernapasan ringan dan tidak memiliki riwayat perjalanan, jaga kebersihan tangan dengan hati-hati dan tinggal di rumah sampai pulih, jika memungkinkan.

Sebagai pencegahan umum, lakukan tindakan kebersihan umum saat mengunjungi pasar hewan hidup, pasar basah atau pasar produk hewan.

Pastikan mencuci tangan secara teratur dengan sabun dan air setelah menyentuh hewan dan produk hewani, hindari menyentuh mata, hidung atau mulut dengan tangan.

Hindari kontak dengan hewan sakit atau binatang lain di pasar, seperti kucing, anjing liar, tikus, burung, dan kelelawar. Hindari kontak dengan kotoran hewan yang berpotensi terkontaminasi, atau cairan di tanah atau struktur toko dan fasilitas pasar.

Hindari konsumsi produk hewani mentah atau setengah matang. Tangani daging mentah, susu, atau organ hewan dengan hati-hati, untuk menghindari kontaminasi silang dengan makanan mentah, sesuai praktik keamanan makanan yang baik.

PENGGUNAAN MASKER

Apakah perlu mengenakan masker?

Mengenakan masker medis dapat membantu membatasi penyebaran beberapa penyakit pernapasan.

Namun, menggunakan masker saja tidak menjamin menghentikan infeksi, dan harus dikombinasikan dengan langkah-langkah pencegahan lainnya, termasuk kebersihan tangan dan pernapasan, dan menghindari kontak dekat, setidaknya jarak satu meter dengan orang lain.

WHO menyarankan penggunaan masker medis secara rasional. Ini untuk menghindari pemborosan sumber daya berharga yang tidak perlu dan potensi penyalahgunaan masker.

Artinya, gunakan masker medis hanya jika memiliki gejala gangguan pernapasan seperti batuk dan bersin, mencurigai infeksi 2019-nCoV dengan gejala ringan, atau merawat seseorang yang diduga terinfeksi 2019-nCoV.

Bagaimana cara menggunakan dan memperlakukan masker?

Sebelum mengenakan masker, cuci tangan dengan sabun atau air berbasis alkohol. Tutupi mulut dan hidung dengan masker, dan pastikan tidak ada celah antara wajah dan masker. Hindari menyentuh masker saat menggunakannya.

Jika telanjur memegang permukaan masker saat mengenakannya, bersihkan tangan dengan alkohol atau sabun dan air. Ganti masker dengan yang baru, segera setelah terasa lembap, dan jangan gunakan kembali masker sekali pakai.

Untuk membuang masker, lepaskan dari belakang (jangan menyentuh bagian depan masker). Segera buang di tempat sampah tertutup. Lalu, cuci tangan dengan alkohol atau sabun dan air.

RISIKO TERTULAR DAN PENYEBARAN VIRUS

Siapa saja yang dapat terinfeksi virus?

Orang yang tinggal atau bepergian di daerah di mana virus 2019-nCoV bersirkulasi mungkin berisiko terinfeksi.

Petugas kesehatan yang merawat orang yang sakit dengan 2019-nCoV berisiko lebih tinggi dan harus melindungi diri mereka sendiri dengan prosedur pencegahan dan pengendalian infeksi yang tepat.

Baca lanjutannya: Hal-hal Dasar dan Penting Seputar Virus Corona yang Perlu Kita Tahu (Bagian 3)

Related

Health 3988004555207082422

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item