Jusuf Kalla: Pertamina Bisa Langsung Bangkrut jika Turunkan Harga BBM

Jusuf Kalla: Pertamina Bisa Langsung Bangkrut jika Turunkan Harga BBM, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Mantan Wakil Presiden, Jusuf Kalla (JK), menyatakan, satu di antara dampak kondisi pandemi Covid-19 saat ini adalah harga minyak dunia turun karena pemakaian berkurang.

JK menjelaskan, harga minyak sebelum pandemi di level 70 dolar Amerika Serikat (AS) per barel, tapi sekarang anjlok.

"Artinya bensin di dunia ini murah. Akhirnya, mobil listrik kalau harga BBM murah, tidak bisa bersaing," ujarnya saat webinar.

Menurut JK, hal tersebut juga merugikan bagi PT Pertamina sebagai pemasok BBM, karena tidak bisa serta-merta menurunkan harga, kendati minyak dunia di level rendah seperti negara-negara ASEAN yang telah menurunkan harga dengan drastis.

"Kalau harga BBM diturunkan, langsung Pertamina bangkrut karena Pertamina kan memberikan subsidi. Sekarang sudah turun, tapi penjualan juga turun," katanya.

Penurunan konsumsi BBM tersebut dinilanya karena masyarakat dilarang banyak berpergian saat pandemi, sehingga penggunaan kendaraan berkurang.

"Jadi, penjualan Pertamina turun 30 sampai 40 persen. Akibatnya, kalau harga BBM diturunkan, double dia kena. Sedangkan ongkos operasional Pertamina tidak banyak turun, tapi harga BBM Pertamina tidak terlalu tinggi juga," pungkasnya.

Related

News 6277811768955691657

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item