Peristiwa Penting Hari Ini: Pertemuan Antara Bumi, Matahari, dan Venus

Peristiwa Penting Hari Ini: Pertemuan Antara Bumi, Matahari, dan Venus, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Sembari beraktivitas di rumah, sore ini Anda bisa menyaksikan dua fenomena langit. Kedua fenomena itu adalah Konjungsi Inferior Venus dan Merkurius di Elongasi Timur Maksimum. Beruntung, fenomena ini dapat terlihat di seluruh wilayah Indonesia.

Kepala Bidang Diseminasi Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Emanuel Sungging, mengatakan, kedua fenomena ini sebetulnya merupakan pemandangan yang menarik untuk diamati.

"Dan ini biasa terjadi, mungkin selama ini karena kesibukan di kota besar tidak menjadi perhatian," kata Emanuel.

Berikut penjelasan lebih rinci terkait dua fenomena yang bisa Anda saksikan.

Konjungsi inferior Venus

Konjungsi atau kesejajaran inferior Venus adalah kondisi di mana Matahari, Venus, dan Bumi berada dalam satu garis lurus. Venus terletak di antara Matahari dan Bumi serta berada pada 1 garis lurus dengan Matahari dan Bumi.

Konjungsi inferior Venus menandai beralihnya kenampakan Venus ketika senja di arah Barat dan kenampakan di arah Timur ketika fajar.

Puncak fenomena ini terjadi pada pukul 00.42 WIB. Jarak Venus dengan Bumi sekitar 43 juta kilometer. Anda pun dapat melihat fenomena konjungsi inferior Venus ini dengan mata telanjang atau tanpa bantuan peralatan canggih lainnya, pada pagi dan petang hari. Dengan catatan, jika kondisi langit memungkinkan atau tanpa gangguan cuaca.

"Venus terbit sekitar pukul 5 pagi, terbenam sekitar pukul 5 sore, jadi kesempatan melihat Venus itu pukul 5 pagi di sekitar Matahari terbit," jelas dia.

Merkurius di elongasi timur maksimum 

Fenomena Merkurius di elongasi Timur maksimum ini terjadi ketika sudut yang terbentuk antara Merkurius dan Matahari terhadap Bumi mencapai maksimum, yaitu 23,6 derajat dari Matahari.

"Jadi saat itu posisi Merkurius adalah yang tertinggi di langit," kata dia.

Emanuel berkata, ini adalah waktu terbaik untuk melihat Merkurius, karena akan berada pada titik tertinggi di atas cakrawala di langit malam. Cari planet yang rendah di langit barat setelah Matahari terbenam.

Merkurius ini, kata dia, bisa disaksikan setiap sore saat menjelang Matahari terbenam. Saar Merkurius ini terlihat jelas, Venus tidak bisa diamati karena terlalu dekat dengan Matahari saat terjadi konjungsi inferior.

Related

News 5708691710532752081

Recent

item