Wabah Corona Tak Hanya Lumpuhkan Ekonomi Indonesia, tapi Juga Dunia

Wabah Corona Tak Hanya Lumpuhkan Ekonomi Indonesia, tapi Juga Dunia naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Pandemi Virus Corona alias Covid-19 sudah melumpuhkan ekonomi dunia. Kontraksi parah terjadi, bahkan menurut Bank Dunia terparah sejak Perang Dunia II.

Aktivitas ekonomi di antara negara-negara maju menyusut drastis hingga 7% di tahun 2020. Pasar ekonomi berkembang juga menyusut hingga 2,5%. Ini merupakan pertama kalinya ekonomi negara berkembang terkontraksi sejak 60 tahun lalu.

Masih dari Bank Dunia, diproyeksikan pendapatan per kapita akan menurun 3,6% yang membawa kepada jutaan orang jatuh ke dalam kemiskinan ekstrem.

Pukulan itu menghantam paling keras di negara-negara di mana pandemi menjadi yang paling parah, dan di mana ada ketergantungan besar pada perdagangan global, pariwisata, ekspor komoditas, dan pembiayaan eksternal.

Indonesia termasuk, jika melihat hal itu. Sementara besarnya gangguan akan bervariasi dari satu daerah ke daerah lain.

Tak lupa, gangguan dalam sekolah dan akses layanan kesehatan primer cenderung memiliki dampak jangka panjang pada pengembangan sumber daya manusia.

"Ini adalah pandangan yang sangat mendalam, dengan krisis yang cenderung meninggalkan bekas luka jangka panjang, dan menimbulkan tantangan global yang besar," kata Wakil Presiden Bank Dunia, Ceyla Pazarbasioglu, dalam risetnya.

"Ini keadaan darurat ekonomi. Selain itu, komunitas global harus bersatu untuk menemukan cara untuk membangun kembali pemulihan yang sekuat mungkin, untuk mencegah lebih banyak orang jatuh ke dalam kemiskinan dan pengangguran."

Baca laporan lengkap » Semua Hal tentang Virus Corona, di Indonesia dan Dunia.

Related

News 1563101742248869637

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item