Gaji ke-13 Akhirnya Cair Bulan Depan, PNS Sorak Sorai

Gaji ke-13 Akhirnya Cair Bulan Depan, PNS Sorak Sorai, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Menteri Keuangan Sri Mulyani memastikan gaji ke-13 bagi Aparatur Sipil Negara (ASN), yakni PNS, TNI, Polri, bakal cair Agustus 2020 nanti. Gaji ekstra itu akan masuk dalam program stimulus perekonomian di masa pandemi covid-19 (virus corona).

Pembayaran gaji ke-13 ini memang mundur dari biasanya yang jatuh pada Juli. Namun, diharapkan tetap dapat menjadi stimulus ekonomi bagi Indonesia di era corona lewat daya beli atau konsumsi PNS.

Andreas H (28), salah satu PNS mengaku gembira dengan kabar tersebut. PNS fungsional yang mengajar di salah satu Perguruan Tinggi di Merauke itu juga mengaku tengah membutuhkan pendapatan ekstra.

Kebutuhannya, ia mengklaim untuk membiayai orang tua akibat merosotnya penerimaan keluarga selama pandemi corona.

Orang tuanya yang bekerja sebagai petani disebut tengah kesusahan menutupi kebutuhan sehari-hari.

"Di lain sisi, bagi para PNS yang anaknya memasuki tahun ajaran baru juga tentunya merasa bahagia karena meringankan beban mereka dalam memenuhi kebutuhan sekolah anak-anaknya," ucapnya.

Cairnya gaji-13 juga pas dengan momentum dimulainya ajaran baru. Apalagi, sistem belajar mengajar era corona mengandalkan internet. Ia mengaku akan menggunakan sebagian gaji ke-13 untuk kuota internet yang membengkak.

Andreas bilang biaya internet menjadi beban terberat selama pandemi berlangsung, rata-rata penggunaan pulsa pun naik 3 kali lipat dari penggunaan normal. 

"Karena kuliahnya online dan harga paketan internet mahal. Tapi sebagai dosen, tugas dan tanggung jawab tetap harus dilaksanakan, jadi yah harus beli kuota," lanjutnya.

Senada, Tri (25) menyambut baik kebijakan pemerintah tersebut. PNS yang ditempatkan di Kabupaten Fakfak, Papua Barat, ini berjanji membiaya sanak keluarga yang tengah menyelesaikan kuliah.

"Gaji ke-13 sangat membantu. Apalagi keluarnya memang di saat-saat mau semester baru, sangat membantu saya karena memang lagi butuh," katanya.

Belum memiliki banyak tanggungan, Tri menyebut sisa gajinya ingin ditabung untuk biaya mudik ke kampung halaman di Kalimantan tahun depan. "Keperluan lain buat nabung mudik. Tiket pesawat dari Sorong mahal," pungkasnya.

Related

News 5533866870353108441

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item