Hasil Survei SMRC: 52 Persen Warga Dukung Omnibus Law Ciptaker

Hasil Survei SMRC: 52 Persen Warga Dukung Omnibus Law Ciptaker,  naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Hasil survei nasional dari Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) menyatakan bahwa 52 persen responden mendukung RUU Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja disahkan menjadi undang-undang. Responden menilai Omnibus Law bisa meningkatkan jumlah lapangan kerja.

"Kita peroleh dari yang tahu, ada 52 persen warga yang mendukung pengesahan tersebut," kata Direktur Riset SMRC, Deni Irvani saat rilis survei SMRC secara virtual.

Deni mengatakan ada 37 persen responden yang tidak mendukung RUU Omnibus Law Ciptaker disahkan menjadi UU. Kemudian ada 11 persen tidak menjawab.

Deni mengatakan mayoritas responden yang setuju RUU Omnibus Law disahkan menjadi UU karena ingin lapangan kerja lebih banyak. Mereka yakin Omnibus Law bisa menjadi jawabannya jika disahkan menjadi UU.

Mayoritas responden juga menilai Omnibus Law bisa memberikan kemudahan berusaha, sehingga setuju jika dijadikan UU.

"Pendapat lainnya tidak memperoleh persetujuan yang mayoritas, sehingga kita bisa mengatakan ini indikasi secara substansi, RUU Cipta Kerja masih mengundang pro-kontra di tengah masyarakat," ujar dia.

Berdasarkan demografi, mereka yang mengetahui RUU Cipta Kerja mayoritas laki-laki, di perkotaan, berpendidikan, berpendapatan lebih tinggi, dan dari kelompok pekerja kantoran.

"Yang mendukung paling rendah di DKI, Banten dan Jabar yang merupakan pusat-pusat pekerja kantoran," kata dia.

Deni mengatakan responden yang paling banyak mengetahui tentang RUU Omnibus Law adalah mereka yang dulu mendukung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Pilpres 2019. Tidak sedikit yang menolak Omnibus Law disahkan menjadi UU.

"Di antara yang tahu, mayoritas pemilih Jokowi mendukung RUU ini, sebaliknya mayoritas pemilih Prabowo tidak mendukung RUU ini," ucap dia

Survei dilakukan dengan melibatkan 2.215 responden dari berbagai wilayah Indonesia. Mereka dipilih secara acak dari koleksi sampel tatap muka SMRC sebelumnya.

Survei dilakukan dengan wawancara via telepon. Margin of error survei diperkirakan 2,1 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Related

News 1189268632431040360

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item