Kisah Hacker Yogya yang Tertangkap: Pernah Retas Website Pemerintah sampai Situs Mahkamah Agung

Kisah Hacker Yogya yang Tertangkap: Pernah Retas Website Pemerintah sampai Situs Mahkamah Agung, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri menangkap peretas ribuan situs milik pemerintah hingga swasta. Pelaku sudah meretas 1.309 situs.

"Tersangka mengakui telah melakukan hack di akun pemerintah, akun swasta, juga akun jurnal, itu ada 1.309 akun yang di-hack," kata Kadiv Humas Polri, Irjen Argo Yuwono dalam konferensi pers di Bareskrim Polri, Jalan Trunojoyo, Jaksel.

Tersangka berinisial ADC ditangkap di Yogyakarta pada 2 Juli. Polisi sempat mendapat 3 laporan terkait peretasan situs masing-masing di Polda Yogyakarta, Polda Jawa Barat dan Bareskrim Polri.

"Jadi tersangka ini telah meretas beberapa di antaranya situs di UNAIR, situs di Pemprov Jateng, itu ada berbagai macam dinas ya di sana, tidak hanya provinsi saja, juga ada jurnal ilmiah, situs Badilum Mahkamah Agung juga ada," ungkap Argo.

Dalam aksinya, tersangka mengirim malware tertentu kepada pemilik situs untuk meminta tebusan. Jika tidak ditebus, situs yang diretas tetap dikuasai tersangka.

"Setelah dikirim uang nanti dia akan mengirim descriptions key artinya kuncinya, nanti dia (tampilan situs) akan berubah kembali," ujarnya

"Dari keterangan pelaku ini imbalannya antara Rp 2 sampai Rp 5 juta. Kalau 1.309 itu ketemunya M juga," imbuhnya.

Polisi juga menyita barang bukti berupa perangkat komputer yang digunakan tersangka dalam aksi peretasannya. Tersangka dijerat Pasal 27 jo Pasal 45 atau 46, 48 dan 49 Undang-undang nomor 19 tahun 2016 tentang ITE dengan ancaman maksimal 12 tahun penjara dan denda Rp 1 miliar.

Related

News 8564595809215199936

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item