Pemerintah: Istilah 'New Normal' Selama Pandemi Covid-19 Sebenarnya Keliru

Pemerintah: Istilah 'New Normal' Selama Pandemi Covid-19 Sebenarnya Keliru, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Corona (Covid-19), Achmad Yurianto, mengakui bahwa istilah new normal yang sering digunakan selama pandemi Covid-19 adalah diksi yang salah.

Pernyataan itu disampaikan Yuri saat menjadi pembicara dalam acara peluncuran buku 'Menghadang Corona: Advokasi Publik di Masa Pandemi' karya anggota DPR dari Fraksi PAN Saleh Daulay di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Menurutnya, diksi yang benar adalah adaptasi kebiasaan baru.

"Diksi new normal itu sebenarnya di awal diksi itu segera kita ubah. Waktu social distancing, itu diksi yang salah. Dikritik, langsung kita ubah. New normal itu diksi yang salah, kemudian kita ubah adaptasi kebiasaan baru, tapi echo-nya nggak pernah berhenti, bahkan di-amplify ke mana-mana, gaung tentang new normal itu ke mana-mana," kata Yuri.

Oleh karena itu, ia berkata pemerintah menggunakan istilah adaptasi kebiasaan baru saat ini. Terlebih, menurutnya, penggunaan istilah new normal dianggap masyarakat kembali berkegiatan seperti biasa tanpa memperhatikan protokol kesehatan.

"Tidak pernah berhenti gaung new normal di mana-mana dan kemudian dikedepankan bukan new-nya tapi normal-nya. Padahal ini sudah kita perbaiki dengan adaptasi kebiasaan baru yang menjadi masalah risk komunikasi," ucap Yuri.

Lihat juga: Doni Sebut Tak Masalah Corona Naik Asal Kematian Rendah
Ia juga masyarakat bingung dengan perubahan istilah dalam penanganan Covid-19. Namun, menurutnya, hal itu merupakan risiko komunikasi yang dihadapinya sebagai jubir pemerintah.

Yuri juga menyampaikan akan terus berupaya menyampaikan informasi yang dibutuhkan masyarakat.

"Ini yang menjadi sulit karena posisi kami jadi jubir harus menjawab apa yang dibutuhkan masyarakat terkait informasi," tutur dia.

Related

News 4606229819413300964

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item