Sinopsis Lone Survivor, Pertempuran Menegangkan Navy Seal Lawan Taliban

Sinopsis Lone Survivor, Pertempuran Menegangkan Navy Seal Lawan Taliban, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Film berdurasi 120 menit ini ditayangkan secara perdana di Festival Lembaga Film Amerika pada tanggal 12 November 2013 lalu.

Tak lama berselang, film ini dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 25 Desember 2013 secara terbatas, serta 10 Januari 2014 secara luas. Film Lone Survivor diadaptasi dari novel nonfiksi karya Marcus Luttrell dan Patrick Robinson.

Film ini bergenre drama perang Amerika Serikat yang mengisahkan Ahmad Shah, pimpinan Taliban yang menjadi dalang di balik pembunuhan angkatan laut AS tahun 2005.

Sebanyak 20 orang Angkatan Laut AS terbunuh, jumlah itu belum termasuk penduduk desa dan pengungsi yang hidup bersama pasukan AS.

Akibat aksi keji itu, pasukan angkatan laut AS atau Navy SEALs diberi misi untuk menangkap Shah. Mereka adalah Letnal Michael P. Murphy, penembak jitu Marcus Luttrell dan Matthew Axelson, dan spesialis komunikasi Satu Danny Dietz.

Tim tersebut diperintah masuk ke kawasan Hindu Kush di Afghanistan. Mereka melakukan perjalanan jauh melalui wilayah pegunungan di mana masalah komunikasi mulai terjadi.

Sesampai di lokasi, Navy SEALs secara tak sengaja diketahui oleh para penggembala kambing setempat. Para penggembala kambing itu ditahan oleh Navy SEALs.

Tim kemudian berunding apakah akan membebaskan atau membunuh mereka, sebab bisa jadi para penggembala melaporkan ke Taliban. Setelah berdebat, akhirnya mereka memutuskan untuk membebaskan para penggembala dan hendak membatalkan misi.

Luttrell menemukan sebuah genangan air di mana seorang warga desa Pashtun setempat, Mohammad Gulab, menemukannya. Gulab membawa Luttrell ke asuhannya, kembali ke desanya, tempat ia berusaha menyembunyikan Luttrell di rumahnya.

Pejuang Taliban tiba di desa untuk mengeksekusi Luttrell, tetapi Gulab dan penduduk desa turun tangan, mengancam akan membunuh para pejuang jika mereka menyakiti Luttrell.

Setelah berterima kasih kepada penduduk desa yang telah menyelamatkannya, Luttrell dievakuasi. Dia hampir menyerah pada luka-lukanya tetapi dihidupkan kembali tepat waktu.

Sebelum bisa melanjutkan perjalanan, mereka diserang oleh pasukan Taliban. Tim itu berhasil membunuh beberapa anggota bersenjata Taliban.

Namun mereka kalah jumlah dibanding pasukan Taliban. Setelah baku tembak yang menyebabkan luka, tim itu memutuskan melompat ke sungai di dasar tebing. Meski cedera parah, namun tim itu mencoba bertahan dengan mendaki di sebuah hutan yang medannya curam.

Dengan kondisi fisik yang buruk, Dietz malah bertengkar dengan Luttrell hingga ada baku tembak. Apakah sisa tim Navy SEALs ini berhasil bertahan dan menyelesaikan misi?

Film ini mendapatkan review rerata dari para kritikus. Berdasarkan situs Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 75 persen, berdasarkan 213 ulasan, dengan rating rata-rata 6,6/10.

Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 60 dari 100, berdasarkan 44 kritik, sedangkan di situs IMDb skor 7,5/10 diberikan oleh 260.283 penilai.

Film Lone Survivor mendapatkan $125.095.601 di Amerika Utara dan $29.707.311 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $154.802.912, melebihi anggaran produksi film yang hanya $40 juta, demikian menurut catatan Box Office Mojo.

Related

Film 3764843421708409996

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item