Tegang, 5 Kapal Perang Australia Tantang China di Laut China Selatan

Tegang, 5 Kapal Perang Australia Tantang China di Laut China Selatan, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Lima kapal perang Australia bergabung dengan kapal perang Amerika Serikat dan Jepang untuk unjuk kekuatan saat militer China melakukan uji coba senjata di Laut Filipina.

Tiga negara ini bergabung untuk menunjukkan solidaritas seiring ketegangan teritorial melonjak setelah Washington menyatakan klaim sepihak China di Laut China Selatan sebagai klaim ilegal.

Lima kapal perang Australia adalah HMAS Canberra, HMAS Hobart, frigat HMAS Stuart, dan HMAS Arunta dan kapal pendukung HMAS Sirius.

HMAS Canberra memimpin rombongan kapal ini dengan membawa pasukan helikopter dari Angkatan Laut Kerajaan Australia atau RAN.

Kapal RAN ini bergabung dengan kapal induk USS Ronald Reagan, kapal penghancur dengan persenjataan rudal jelajah terpandu laser, dan sebuah kapal penghancur Jepang.

“Kesempatan untuk bekerja sama berdampingan dengan militer AS dan Jepang sangat berharga,” kata Komodor Michael Harris, yang menjadi komandan Gugus Tugas Australia.

“Menjaga keamanan dan keselamatan di laut membutuhkan kerja sama Angkatan Laut secara terus menerus.”

Hubungan China dan AS terus memburuk terkait sengketa Laut China Selatan. Setelah menolak 90 persen klaim kepemilikan wilayah China di LCS, AS juga menutup kantor Konsulat Jenderal China di Houston, Texas, seperti dilansir Reuters.

Related

News 5046672374863157777

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item