Anak Buah Luhut Ungkap Sederet Masalah Logistik Laut di Indonesia

Anak Buah Luhut Ungkap Sederet Masalah Logistik Laut di Indonesia, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Agung Kuswandono mengungkapkan masih banyak aspek yang harus dibenahi dalam sistem logistik transportasi laut Indonesia.

Dalam sebuah webinar di Jakarta, Agung mengungkapkan sejumlah masalah dalam logistik transportasi laut tanah air.

Pertama, ease doing of business yang dinilai rendah. Jangankan melawan negara Asia lain, Agung bilang untuk Asia Tenggara saja sudah kalah bersaing. Padahal potensi untuk berkembang sangat besar.

"Kedua biaya logistik relatif lebih tinggi, dibanding negara ASEAN, apalagi negara Asia, apalagi dunia. Mungkin teknologinya kurang bagus, atau manajemennya yang kurang bagus," kata Agung.

Kemudian masalah ketiga adalah persoalan disparitas harga. Di mana antara bagian Indonesia barat, tengah dan timur sangat timpang atau tinggi. Itu menjadi alasan mengapa skema tol laut harus dibuat jelas dan diterapkan. Artinya menghubungkan pulau-pulau di Indonesia. Apalagi melihat fakta jumlah pulau di Indonesia mencapai lebih dari 17 ribu pulau dan menjadi negara kepulauan terbesar di dunia.

"Mestinya dengan faktor ini, sektor maritim atau kelautan harus menjadi poin terbesar di negara kita. Sekarang kalau kapal muatan dari barat ke timur cost-nya rendah, tapi di timur muatan diturunkan, ke barat relatif kosong. Sehingga cost-nya harus dilipatkan supaya kapal ini sampai ke Barat. Ini yang membuat biaya logistik kita jadi sedikit," ujar Agung.

Persoalan keempat adalah pusat-pusat pertumbuhan ekonomi relatif masih terpusat di Jawa dan Indonesia barat.

"Kita harus masuk supply chain dunia. Kalau main di Indonesia, ASEAN atau Asia saja kita bukan negara maritim terbesar di dunia. Untuk itu kita harus tunjukkan kita mampu," kata Agung.

Related

News 2307824332383190058

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item