Halte Bus Canggih Ini Seharga Rp 1,2 Miliar: Anti-Panas, Hujan, dan Corona

Halte Bus Canggih Ini Seharga Rp 1,2 Miliar: Anti-Panas, Hujan, dan Corona, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Korea Selatan membuat smart bus shelter yang didesain melindungi penggunanya bukan hanya dari terik matahari dan hujan tapi juga virus corona Covid-19. Halte bus itu kini hadir di jalan-jalan Seoul, ibu kota Korea Selatan.

Halte bus itu dibuat secara khusus mirip ruangan kaca. Di dalamnya dilengkapi pendingin udara dan alat sterilisasi ultraviolet, selain kamera pengawas dan layar digital untuk memberitahu penumpang kapan bus tiba. Halte itu juga dilengkapi hand sanitiser dan tersedia tempat mengisi daya laptop atau telepon genggam serta Wi-Fi gratis.

"Tadinya saya kurang nyaman karena harus periksa suhu tubuh sebelum masuk, tapi ternyata tidak butuh waktu lama," kata Park Sung-yeon, mahasiswa 25 tahun, seorang pengguna halte itu seperti dikutip dari Reuters, Sabtu 15 Agustus 2020.

Dia kini malah berharap ada lebih banyak fasilitas serupa. "Saya harap kami bisa punya lebih banyak tempat seperti ini sehingga bisa menghadapi virus corona," katanya.

Kamera thermal di pintu halte memantau suhu tubuh penumpang. Hanya mereka yang suhu tubuhnya kurang dari 37,5 derajat Celcius boleh masuk. Kamera sejenis terpasang terpisah lebih rendah khusus untuk anak-anak. Atap halte ini juga dibuat dari panel surya untuk menyediakan cadangan daya yang ramah lingkungan untuk fungsi-fungsi di halte itu.

"Kami juga membagikan situasi terbaru secara langsung dengan kantor polisi dan kantor pemadam kebakaran menggunakan CCTV cerdas, bel peringatan dan sensor noise AI, jadi kami  bisa merespons kejadian darurat secara cepat," kata Kim Hwan-gyun, penanggung jawab halte di daerah Seongdong.

Sebanyak sepuluh halte telah dipasang di distrik Seongdong, Seoul timur. Kolaborasi dilakukan pemerintah setempat dengan LG Electronics untuk menyediakan setiap halte yang pengadaannya senilai 100 juta won atau setara Rp 1,2 miliar itu.

Related

Technology 2217691539070443279

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item