Perang Meletus Lagi di Afghanistan, 34 Milisi Taliban Tewas

Perang Meletus Lagi di Afghanistan, 34 Milisi Taliban Tewas, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Kelompok milisi Taliban Afghanistan melancarkan serangan ke sejumlah pos penjagaan pasukan militer Afghanistan, di provinsi Badghes, Minggu malam waktu setempat.

Dalam laporan yang diperoleh dari Anadolu Agency, sejumlah pos penjagaan pasukan militer Afghanistan mendadak diserang oleh anggota milisi Taliban dan baku tembak pun tak terhindarkan. 34 orang anggota Taliban tewas, sementara dua tentara Afghanistan meninggal dunia akibat insiden ini.

Menurut keterangan Wakil Gubernur provinsi Badghes, Faiz Mohammad, para pemberontak Taliban sengaja melancarkan serangan ke sejumlah pos di wilayahnya untuk menghalangi proses perdamaian yang tengah dibangun. Ia juga membenarkan bahwa ada lebih dari 30 orang anggota Taliban tang tewas dalam peristiwa ini.

Setelah mendapatkan serangan lewat darat, pasukan militer Afghanistan pun mengerahkan armada tempur udara. Serangan balasan ini lah yang pada akhirnya berhasil memukul milisi Taliban.

Sementara itu, Korps Operasi Khusus Tentara Nasional Afghanistan (ANA), menyebut bahwa empat orang anggota Taliban lain tewas saat tengah melarikan diri ke provinsi Ghazni.

Serangan kelompok pemberontak Taliban ini disinyalir tak hanya untuk menghalangi proses perdamaian antara Amerika Serikat (AS), pemerintah Afghanistan, dan Taliban.

Dalam berita sebelumnya, pihak AS bahkan menuding bahwa ada campur tangan Rusia dan Iran yang mendukung Taliban untuk merusak rencana perdamaian Afghanistan.

Tak hanya itu, perwakilan AS dalam perundingan perdamaian dengan Taliban, Zalmay Khalilzad, mengungkap rencana pembununhan terhadap anggota tim perunding Afghanistan, Fawzia Koofi. Khalilzad berang dan menyebut ancaman pembunuhan yang diarahkan kepada wanita 45 tahun itu sebagai tindakan pengecut dan kriminal.

"Fawzia adalah suara penting, anggota tim negosiasi Republik Islam (Afghanistan) yang inklusif, dan telah menjadi pendukung kuat hak-hak perempuan. Kami lega dia lolos tanpa cedera serius," bunyi pernyataan Khalilzad dalam akun Twitter pribadinya.

Hingga saat ini, belum ada penjelasan resmi dari pemerintah Afghanistan dan Taliban terkait insiden tersebut.

Related

News 7972462113721348532

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item