Rizal Ramli: Jika Saya Jadi Presiden, Pendapatan Petani Naik 4 Kali Lipat

Rizal Ramli: Jika Saya Jadi Presiden, Pendapatan Petani Naik 4 Kali Lipat, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Pakar ekonomi dan Politikus Indonesia, Rizal Ramli, menggelar pertemuan dengan petinggi organisasi Islam terbesar di Indonesia Nahdlatul Ulama (NU). Dalam pertemuan kali ini, Rizal mengungkapkan ide-idenya jika terpilih menjadi Presiden 2024.

Mantan Menko Perekonomian era Presiden Abdurrahman Wahid ini mengatakan, jika ia terpilih menjadi orang nomor satu di Indonesia, salah satu kebijakan yang akan diambil yaitu meningkatkan pendapatan petani.

"Nah Insyaallah kawan-kawan NU kultural, kalau Rizal Ramli mimpin (presiden) nanti kita atur harga agar setiap panen petani untung 10 persen. Setiap tahun naik 10 persen itu kira-kira pendapatan naik 170 persen pokok 5 tahun double income plan. Selama 10 tahun naik 4 kali lipat," katanya saat webinar bersama petinggi NU.

Menurut Rizal Ramli, saat ini pendapatan petani belum maksimal. Bahkan, para petani mengalami kerugian. Pertama, karena adanya sistem kartel dalam perdagangan komoditi di Indonesia.

Selain itu, kata dia, pemerintah tidak mengatur harga bahan pangan pokok. Sehingga sewaktu-waktu harga produksi tidak stabil, maka pendapatan petani turun.
"Kenapa pemerintah indonesia belum pernah menerapkan harga price policy? (padahal) di Jepang di Korsel diatur harga supaya petani setiap panen untung. Bahkan zaman Pak Harto diatur," tuturnya.

Adapun beberapa tokoh NU yang hadir dalam acara ini hadir Cucu pendiri NU Agus Aam atau Gus Aam, dan Adhie Massardi atau Mantan Juru bicara Presiden KH Abdurrahman Wahid.

Related

News 5647151515304173113

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item