Bisnis Pesta Pernikahan Babak-belur Dihantam Corona, Omzet Anjlok 90 Persen

Bisnis Pesta Pernikahan Babak-belur Dihantam Corona, Omzet Anjlok 90 Persen

Naviri Magazine - Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Pernikahan dan Gaun Indonesia (APPGINDO) Andie Oyong mengungkapkan industri penyedia jasa pesta pernikahan babak-belur dihajar pandemi COVID-19. Sebab, dilarangnya pesta pernikahan imbas merebaknya virus Corona membuat omzet mereka anjlok.

"Kalau ditanya omzet turunnya bisa hampir 100%. Kalau kondisinya saat ini belum bisa rebound, belum bisa menutupi kerugian yang dari April itu," kata dia saat dihubungi.

Dia menjelaskan, sebenarnya saat PSBB di Jakarta dilonggarkan pada masa transisi, bisnis jasa pesta pernikahan sudah mulai bergairah lagi, di mana omzet mereka mencapai 15% dibandingkan sebelum pandemi.

Sayangnya mulai 14 September, PSBB di Jakarta kembali diperketat dan pernikahan hanya boleh diselenggarakan di Kantor Urusan Agama (KUA) dan kantor catatan sipil. Itu membuat omzet mereka tergerus 90%.

"Sekarang (omzet) turun lagi, ya mungkin saat ini kita cuma ada 10%, 10% kita punya omzet ya berarti turunnya 90%," sebutnya.

Sementara bisnis jasa pernikahan di luar Jakarta sudah kembali bergairah karena daerahnya telah memperbolehkan dilaksanakannya pesta pernikahan.

"Daerah-daerah penyangga sih kayaknya Bogor, Tangerang kalau ditanya mereka sekarang sedang menikmati masanya karena sudah boleh (berkegiatan) dengan pembatasan. Mereka lagi merasakan manisnya dibandingkan DKI Jakarta ini yang babak-belur," tambahnya.

Related

News 1168916608665508394

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item