Inilah 5 Orang Terkaya di Dunia Saat Ini, dan Sumber Kekayaan Mereka

Inilah 5 Orang Terkaya di Dunia Saat Ini, dan Sumber Kekayaan Mereka

Naviri Magazine - Majalah Forbes kembali merilis daftar orang terkaya sejagad tahun 2020. Urutan orang terkaya tahun ini sedikit berubah, namun posisi puncak masih ditempati oleh Jeff Bezos.

Sudah tiga tahun ini Jeff Bezos menduduki urutan pertama sebagai orang paling kaya di dunia. Sebelumnya posisi puncak ditempati oleh Bill Gates yang kini masih menduduki posisi kedua.

Dikutip dari Forbes, berikut sumber kekayaan dari 5 orang paling kaya sejagat raya:

Jeff Bezos

Pria plontos ini sudah tahun ketiga menempati posisi puncak orang terkaya di dunia. Dirinya tercatat mengantongi harta US$ 113 miliar atau setara Rp 1.808 triliun (kurs Rp 16.000/US$).

Meski begitu, harta kekayaan Bezos tercatat menurun dalam setahun. Di 2019, harta Bezos US$ 131 miliar atau setara Rp 1.834 triliun (kurs Rp 14.000/US$) kala itu.

Bezos kaya lantaran perusahaan belanja online bernama Amazon yang didirikan sejak 1994. Perusahaan itu jadi perusahaan termahal di dunia.

Saat ini Bezos mengantongi 11,2% saham di Amazon. Jeff Bezos juga memiliki perusahaan pesawat luar angkasa Blue Origin dan media Washington Post.

Penurunan kepemilikan saham di Amazon lantaran dirinya mentransfer 4% saham Amazon kepada mantan istrinya saat bercerai pada Juli 2019 lalu.

Pada tahun 2018, Amazon memiliki pendapatan US$ 230 miliar dan mencetak rekor laba bersih sebesar US$ 10 miliar, naik dari sebelumnya US$ 3 miliar pada tahun sebelumnya.

Pada Maret 2020, di saat perusahaan lain berjuang memenuhi kebutuhan dan merumahkan karyawan karena wabah Corona, Amazon justru mengalami lonjakan permintaan hingga merekrut 100.000 karyawan baru.

Bill Gates

Selanjutnya ada sang pendiri Microsot, Bill Gates. Ini tahun ketiga Gates tak lagi berada di puncak orang terkaya karena disingkirkan oleh Bezos. Padahal sebelumnya dirinya langganan di puncak sejak 2014.

Meski begitu, harta kekayaan Gates melonjak dalam setahun. Di 2019, harta Gates US$ 96,5 miliar. Namun di tahun ini ia mengantongi US$ 98 miliar atau setara dengan Rp 1.568 triliun (kurs Rp 16.000/US$).

Suami dari Melinda Gates ini terkenal berjiwa sosial karena memiliki yayasan amal terbesar di dunia bernama Yayasan Bill & Melinda Gates. Yayasan ini hadir untuk meningkatkan kesehatan global dan menciptakan kesetaraan bagi orang-orang di seluruh dunia.

Hingga saat ini, Gates tercatat telah menyumbangkan sebagian besar sahamnya di Microsoft senilai US$ 35,8 miliar kepada yayasan tersebut.

Kini, Gates tersisa lebih dari 1% saham yang dimiliki di Microsoft dan digunakan untuk berinvestasi dalam campuran saham dan aset lainnya. Bahkan pada pertengahan Maret dirinya mengundurkan diri sebagai Anggota Dewan Microsoft.

Bernard Arnault & Family

Bos produsen barang-barang mewah LVMH, Bernard Arnault menggeser Warren Buffett dari posisi ketiga orang terkaya di dunia tahun 2019. Arnault menduduki posisi ketiga lantaran kekayaannya US$ 76 miliar atau setara Rp 1.216 triliun.

Bernard Arnault melalui LVMH membawahi 70 merek ternama termasuk produk fesyen mewah seperti Louis Vuitton dan Sephora. Pada November 2019 lalu LMVH membeli toko perhiasan Amerika Tiffany & Co senilai US$ 16,2 miliar dan disebut sebagai akuisisi merek mewah terbesar yang pernah ada.

Arnault melalui LMVH mengeluarkan US$ 3,2 miliar pada tahun 2019 untuk membeli perhotelan mewah, hingga Belmond yang mengelola 46 hotel, kereta api, dan kapal pesiar sungai.

Warren Buffett

Dikenal sebagai 'Oracle of Omaha', Warren Buffett adalah salah satu investor paling sukses sepanjang masa. Dirinya tercatat memiliki kekayaan mencapai US$ 67,5 miliar Rp 1.080 triliun.

Kekayaan Buffett berasal dari perusahaannya Berkshire Hathaway. Perusahaan investasi itu memiliki lebih dari 60 perusahaan, termasuk perusahaan asuransi Geico, pembuat baterai Duracell dan rantai restoran Dairy Queen.

Bakatnya dalam berinvestasi sudah terlihat sejak kecil. Dia pertama kali membeli saham pada usia 11 tahun dan pertama kali mengajukan pajak pada usia 13 tahun.

Namun, harta kekayaannya tercatat menurun tajam dalam setahun. Di tahun 2019, kekayaannya mencapai US$ 82,5 miliar sehingga mengharuskan dirinya turun satu angka dalam posisi orang terkaya di dunia.

Hal itu dikarenakan pada 2019 ia menyumbangkan US$ 3,6 miliar yang sebagian besar untuk yayasan teman-temannya seperti Yayasan Bill & Melinda Gates. Ia memang berjanji akan menyumbangkan lebih dari 99% kekayaannya.

Pada 2010 ia dan Gates juga sempat meluncurkan Giving Pledge, meminta miliarder untuk komitmen menyumbangkan setengah kekayaan mereka untuk tujuan amal.

Larry Ellison

Posisi kelima ditempati oleh pendiri perusahaan perangkat lunak Oracle. Dirinya tercatat mengantongi harta US$ 59 miliar atau setara dengan Rp 944 triliun.

Berkat kepiawannya, Oracle telah tumbuh sebagian melalui akuisisi tetap pada perusahaan perangkat lunak, yang terbesar adalah US$ 9,3 miliar untuk Netsuite pada 2016.

Ellison membeli 3 juta saham Tesla di awal tahun 2018 sehingga membawanya kini menjadi Dewan Tesla.

Uangnya seolah tidak habis di tahun yang sama ia juga menjanjikan US$ 200 juta ke University of Southern California untuk pusat perawatan kanker.

Pada 2012, Ellison rela menggelontorkan US$ 300 juta untuk membeli hampir semua pulau di Hawaii. Sejauh ini ia telah membangun pertanian hidroponik dan spa mewah di sana.

Related

News 6017789918906411783

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item