Mata Bisa Lelah akibat Terlalu Lama Bekerja di Depan Layar, Ini Gejalanya

Mata Bisa Lelah akibat Terlalu Lama Bekerja di Depan Layar, Ini Gejalanya, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Sama seperti organ tubuh lain, mata juga mengalami kelelahan ketika harus menatap layar komputer atau gawai berlama-lama. Kondisi tersebut dikenal dengan eye strain alias mata lelah.

Mata lelah disebabkan oleh aktivitas yang hanya melihat pada satu arah dalam waktu lama. Tak hanya ketika memandang layar gawai, kondisi ini juga bisa dialami orang yang menyetir dalam waktu lama.

Selain itu, ada sejumlah hal yang juga dapat memicu munculnya mata lelah, di antaranya membaca secara terus-menerus tanpa mengistirahatkan mata, terpapar cahaya terang atau silau, melihat di tempat dengan minim penerangan, mata kering, stres dan kelelahan, atau terkena udara dari kipas angin atau AC.

Selain itu, mata lelah juga disebabkan oleh jarak yang terlalu jauh atau terlalu dekat ketika memandangi layar gawai, juga pencahayaan layar gadget yang seringkali tidak disesuaikan dengan kondisi sekitar.

Salah satu gejala eye strain adalah mata berair atau justru kering. Penderita eye strain biasanya akan mengalami iritasi pada mata mereka.

Selain iritasi, ada sejumlah gejala yang muncul ketika terkena eye strain, antara lain penglihatan kabur atau ganda, sakit kepala, rasa kaku pada leher, bahu, maupun punggung, meningkatnya sensitivitas terhadap cahaya, kesulitan untuk berkonsentrasi, dan merasa kesulitan membuka mata.

Gejala tersebut bisa makin buruk apabila orang-orang tetap mempertahankan aktivitas serupa dalam waktu lama. Selain itu, kurang tidur juga dapat menyebabkan iritasi mata berulang.

Mata lelah tak hanya memunculkan gejala yang membuat tak nyaman, tapi bisa menyebabkan komplikasi yang lebih serius. Ketika menggunakan gadget dalam waktu yang lama, orang-orang secara tidak langsung akan terpapar sinar biru dari layar.

Paparan sinar biru secara terus-menerus dalam waktu lama ini kemudian memicu munculnya penyakit-penyakit mata seperti gangguan pada retina, katarak, degenerasi macula, dan gangguan tidur.

Related

Health 5366580068233735773

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item