Saat Sangkakala Kiamat Berbunyi, dan Datang Hari Pembalasan

 Saat Sangkakala Kiamat Berbunyi, dan Datang Hari Pembalasan, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Kita tentu sering mendengar istilah hari kiamat. Pada hari kiamat, dunia atau alam semesta beserta isinya akan hancur lebur, dan semua makhluk yang ada akan mati, tanpa terkecuali. Tidak bisa terbayangkan betapa dahsyatnya hari kiamat yang sangat mengerikan.

Hari kiamat ditandai dengan bunyi sangkakala oleh Malaikat Israfil, atas perintah Allah SWT. Setelah semua makhuk mati, Allah SWT akan kembali memerintahkan Malaikat Israfil untuk meniup sangkakala yang kedua kali, guna membangunkan semua yang telah mati, untuk bangkit kembali, mulai dari manusia zaman Nabi Adam hingga manusia yang terakhir saat kiamat tiba, untuk mendatangi hari pembalasan.

Tanda-tanda kiamat merupakan alamat yang menunjukkan akan terjadinya hari kiamat tersebut. Sedangkan tanda-tanda kiamat ada dua. Pertama, tanda kiamat kecil, yaitu tanda yang datang sebelum kiamat dengan waktu yang relatif lama, dan kejadiannya biasa, seperti dicabutnya ilmu, dominannya kebodohan, berlomba-lomba dalam membangun, dan lain-lain.

Terkadang, sebagiannya muncul menyertai tanda kiamat besar, atau bahkan sesudahnya.

Kedua, tanda kiamat besar, yaitu perkara besar yang muncul mendekati kiamat, yang kemunculannya tidak biasa terjadi, seperti munculnya Dajjal, Nabi Isa a.s., Ya’juj dan Ma’juj, terbit matahari dari Barat, dan lain-lain.

Para ulama berbeda pendapat tentang permulaan yang muncul dari tanda kiamat besar. Ibnu Hajar berkata, “Yang kuat dari sejumlah berita tanda-tanda kiamat, keluarnya Dajjal adalah awal dari tanda-tanda kiamat besar, dengan terjadinya perubahan secara menyeluruh di muka bumi. Dan diakhiri dengan wafatnya Isa a.s.

“Sedangkan terbitnya matahari dari Barat adalah awal dari tanda-tanda kiamat besar yang mengakibatkan perubahan kondisi langit. Dan berakhir dengan terjadinya kiamat.”

Ibnu Hajar melanjutkan, ”Hikmah dari kejadian ini, ketika terbit matahari dari barat, maka tertutuplah pintu taubat.” (Fathul Bari).

Related

Moslem World 1728566652464925939

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item