Penting! Studi Baru Temukan Virus Corona Bisa Bertahan 30 Menit di Dalam Lift

Penting! Studi Baru Temukan Virus Corona Bisa Bertahan 30 Menit di Dalam Lift

Naviri Magazine - Sebuah studi menemukan bahwa partikel virus Corona yang bisa bertahan lama saat di dalam lift, setelah seseorang yang terinfeksi batuk di dalamnya. Selama di dalam lift, partikel tersebut akan berputar-putar sampai setengah jam.

Saat pintu lift ditutup, droplet dari orang yang terinfeksi bisa bertahan hingga 30 menit. Tetapi, jika pintu lift tetap terbuka, droplet itu akan hilang hanya dalam waktu empat menit.

Melihat ini, tim peneliti menjelaskan aerosol itu mengandung droplet-droplet kecil yang sangat berpotensi menularkan virus Corona. Para ahli mengatakan dengan menggunakan masker saat di dalam lift, bisa mengurangi penularan.

Untuk membuktikannya, para ahli dari Amsterdam University meniru serangkaian batuk di dalam lift rumah sakit untuk mengetahui berapa lama partikel yang keluar saat seseorang batuk itu bisa bertahan, dalam kondisi yang berbeda.

Peneliti utama Daniel Bonn dan rekannya membuat ulang ukuran dan bentuk aerosol pernapasan yang dihasilkan saat batuk, yaitu dengan nosel semprot. Mereka kemudian menyemprotkan droplet untuk simulasi itu di dalam lift.

Setelah itu, partikel itu akan dipantau menggunakan laser sehingga para ilmuwan bisa menghitung dan melacak partikel virus itu bertahan. Hal ini dilakukan saat lift bekerja seperti biasa.

"Kami menemukan bahwa selama lift beroperasi normal seperti itu, waktu yang dibutuhkan sampai partikel aerosol setidaknya berkurang adalah 12-18 menit. Jika pintu lift terbuka permanen, waktu yang dibutuhkan 2-4 menit," jelas Bonn yang dikutip dari Daily Mail.

Selain batuk, virus Corona bisa terbang bebas di lift saat orang yang terinfeksi berbicara. Itu akan melepaskan ribuan partikel COVID-19 per menit.

Related

Science 9214557408036700746

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item