Storegga Slide, Datangnya Bencana Tsunami Raksasa di Zaman Kuno

Storegga Slide, Datangnya Bencana Tsunami Raksasa di Zaman Kuno, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Ribuan tahun yang lalu, wilayah Inggris adalah daratan yang menyatu dengan Benua Eropa. Namun sebuah tsunami raksasa memisahkannya dari benua biru. Apakah kamu bisa membayangkan kengerian dan kedahsyatan bencana alam tersebut?

Kiamat itu dimulai dari longsoran sedimen peninggalan Zaman Es yang ada di bawah laut. Letaknya di tepi landas kontinen Norwegia. Kejadian ini memicu gelombang tsunami setinggi 20 meter di Samudera Atlantik Utara.

Sejumlah wilayah yang tersapu gelombang tsunami yaitu Inggris, Norwegia, Islandia, Greenland, Pulau Faroe, hingga Teluk Denmark. Bencana ini mengakibatkan tenggelamnya daerah tundra yang menjadi tempat tinggal mammoth.

Tidak hanya itu, Storegga Slide juga mengubah kondisi geografis Inggris, membuatnya terpisah dari Benua Biru. David Smith, ahli geologi asal Oxford University, mengatakan peristiwa ini berlangsung sangat cepat.

“Siapa pun yang berdiri di sana pasti tidak akan bisa mengingatnya, karena begitu cepatnya,” kata Smith, seperti dikutip dari BBC. 

Related

Science 4144156925463340034

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item