Tembus 4.000 Kasus Corona Sehari, IDI: Kapasitas Kesehatan Bisa Tak Cukup

Tembus 4.000 Kasus Corona Sehari, IDI: Kapasitas Kesehatan Bisa Tak Cukup

Naviri Magazine - Ketua Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), dr Daeng Mohammad Faqih, SH, MH, menyebut tingginya kasus harian COVID-19 di Indonesia bisa melampaui upaya peningkatan kapasitas layanan kesehatan. Masyarakat diimbau agar lebih disiplin lagi menjalankan protokol kesehatan.

"Kalau tidak disiplin terhadap protokol kesehatan, penularan di masyarakat tetap tinggi. Segiat apapun melakukan penambahan kapasitas suatu saat khawatir juga terlampaui kapasitas itu," kata dr Daeng dalam konferensi pers yang disiarkan BNPB.

PB IDI disebut akan diskusi bersama organisasi kesehatan lainnya, merancang kampanye protokol kesehatan yang melibatkan masyarakat. Minimal harapannya orang-orang bisa disiplin untuk memakai masker.

dr Daeng menyebut ketika kapasitas layanan kesehatan overload, maka yang terjadi adalah ada risiko pasien tidak bisa mendapat bantuan medis yang dibutuhkan. Selain itu tenaga kesehatan juga lebih berisiko jatuh sakit karena faktor kelelahan.

Hingga saat ini PB IDI menyebut sudah ada 117 dokter yang meninggal dunia karena pandemi COVID-19.

Related

News 1541381864362795462

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item