Ini Daftar 20 Miliarder Muda Asal China, Ada yang Masih 27 Tahun! (Bagian 1)

Ini Daftar 20 Miliarder Muda Asal China, Ada yang Masih 27 Tahun!

Naviri Magazine - Para miliarder muda China berhasil mengumpulkan kekayaan lebih dari USD 223 miliar pada tahun ini. Membuat China menjadi negara yang mempunyai pertumbuhan akumulasi kekayaan tercepat, bahkan saat dilanda periode krisis ekonomi terburuk di dekade ini.

China sekarang mempunyai total 60 miliarder di bawah umur 40 tahun, menurut laporan Hurun rich List yang dirilis minggu lalu.

Sebanyak 14 diantaranya baru masuk menjadi daftar miliarder pada tahun 2020, saat perkembangan perusahaan teknologi menopang pasar saham dan tingginya nilai IPO membuah jalur kekayaan terbuka di tengah masa pandemi Covid-19 ini.

Sekarang, negeri ini menjadi rumah bagi 878 miliarder dengan kumulasi kekayaan lebih dari USD 4 triliun. Satu dekade lalu di tahun 2010, China hanya memiliki total 189 miliarder.

"Dunia tidak pernah melihat begitu banyak pertumbuhan kekayaan hanya dalam satu tahun. Pertumbuhan entrepreneur China terus berkembang jauh lebih baik dari apa yang diperkirakan, walaupun infeksi Covid-19 dinilai masih cukup tinggi," jelas Rupert Hoogerwerf yang merupakan Kepala sekaligus Ketua Riset Hurun.

Sekarang di tahun yang ke-22, daftar peringkat tahunan Hurun mencari untuk memberikan "Potret Kekayaan" dari negara dengan ekonomi kedua terbesar di dunia ini.

Daftar peringkat ini pun, fokus kepada kedua hal yaitu, individu yang lahir dan besar di negeri China dan juga yang lahir diluar negara itu tapi pernah tinggal di negeri bambu tersebut.

Berikut ini adalah 20 miliarder muda China di bawah umur 40 tahun:

1. Huin Yang dan Keluarga
Umur: 39 tahun
Sumber kekayaan: Country Garden
Total Kekayaan: USD 33,1 miliar

Sekali lagi menjadi pemimpin peringkat untuk tahun ini, adalah perempuan berumur 39 tahu, Huin Yang dan keluarganya. Huin Yang selama ini juga dikenal sebagai perempuan paling kaya di Asia.

Yang sendiri sekarang memiliki mayoritas saham dari Country Garden, yang merupakan perusahaan pengembang properti. Perusahaan ini didirikan ayahnya, Guoqiang Yang, di Guandong pada tahun 1992.

Walaupun pertumbuhan kekayaannya meningkat 29 persen beberapa tahun kebelakangan ini, tetapi posisi Yang sendiri di daftar orang terkaya di Cina tahun 2020, turun menjadi peringkat nomor 6.

2. Zetian Zhang
Umur: 27 tahun
Sumber Kekayaan: JD.com
Total Kekayaan: USD 23,5 miliar

Zetian Zhang, 27 tahun dan suaminya, Qiangdong, 41 tahun, keduanya melihat akumulasi kekayaan mereka berdua melonjak sebanyak 111 persen menjadi USD 23,5 miliar di tahun 2020.

Faktor penyumbang terbesar adalah akibat dari perkembangan pesat perusahaan E-Commerce JD.com milik Liu. Zhang sendiri merupakan seorang investor yang juga bekerja sebagai ketua penasihat fashion dari bisnis JD Luxury.

Di umur 24 tahun, dirinya menjadi miliader perempuan termuda setelah pernikahannya dengan Liu di tahun 2005.

3. Hao Yan
Umur: 34 tahun
Sumber Kekayaan: Pacific Construction Group
Total Kekayaan: USD 21,3 miliar

Hao Yan, 34 tahun merupakan kepala dari perusahaan Pacific Construction Group yang berpusat di Xinjiang. Perusahaan ini sendiri didirikan oleh ayahnya JieHe Yan di tahun 1986.

4. Yiming Zhang
Umur: 37 Tahun
Sumber Kekayaan: ByteDance
Total Kekayaan: USD 16,2 miliar

Yiming Zhang yang saat ini berumur 37 tahun, merupakan co-founder sekaligus CEO dari ByteDance. BytheDance sendiri merupakan perusahaan internet yang mempunyai aplikasi berbagi video TikTok.

TikTok sendiri menjadi aplikasi unggulan banyak pihakbahkan untuk di luar China sekaligus. Aplikasi ini juga menjadi media sosial yang paling diminati oleh remaja Amerika Serikat.

Walaupun demikian, perkembangannya yang cepat, membuat keresahan akan keamanan nasional dari pihak Amerika Serikat sendiri.

5. Bangxin Zhang
Umur: 39 Tahun
Sumber kekayaan: TAL Education
Total Kekayaan: USD 14 miliar

Dengan jumlah kekayaan USD 14 miliar, Bangxin Zhang merupakan co-founder sekaligus kepala dari perusahaan tutoring TAL Education, yang berpusat di Beijing.

Didirikan pada tahun 2003, perusahaan ini menjadi saham publik di New York Stock Exchange pada tahun 2010, dan sudah menikmati pertumbuhandi periode 2020 akibat banyaknya orang melakukan kegiatan belajar mengajar secara online.

6. Gang Zhang dan Keluarga
Umur: 39 Tahun
Sumber Kekayaan: Xinfalyudian
Total Kekayaan: USD 8,8 miliar

Gang Zhang yang berusia 39 tahun, yang merupakan pemilik dari perusahaan alumunium Xinfalyudian, memiliki total kekayaan sekitar USD 8,8 miliar.

Tahun lalu, dirinya menikmati perkembangan kekayaannya sebanyak 100 persen dan lompat menjadi urutan 32 pada daftar orang terkaya.

7. Xiaosong Wang
Umur: 33 Tahun
Sumber Kekayaan: Seazen
Total Kekayaan: USD 8,8 miliar

Pria berumur 33 tahun ini, merupakan kepala dan presiden dari perusahaan perumahaan, Seazen. Wang berbagi harta kekayaan dengan ayahnya, Zhenhua, 58 tahun,yang digantikanya di tahun 2019 karena atas tuduhan pelecehan seksual.

Baca lanjutannya: Ini Daftar 20 Miliarder Muda Asal China, Ada yang Masih 27 Tahun! (Bagian 2)

Related

News 1055373554184597206

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item