Mengapa Perut Buncit Lebih Banyak Dialami Pria Dibanding Wanita? Ini Penjelasannya

Mengapa Perut Buncit Lebih Banyak Dialami Pria Dibanding Wanita? Ini Penjelasannya

Naviri Magazine
- Sebuah penelitian terbaru dari Universitas Uppsala telah menemukan bahwa lemak di beberapa bagian tubuh sangat dipengaruhi oleh faktor genetik dan bahwa efek ini hadir terutama pada wanita dan pada tingkat yang lebih jauh pada pria. 

Penelitian Mathias Rask-Andersen yang dipublikasikan oleh Nature Communications mengukur bagaimana lemak di hampir 360.000 peserta. Para peserta memberikan sampel darah mereka untuk dilihat genotipenya. Dalam penelitian ini, jutaan varian genetik di seluruh genom diuji dalam hubungannya dengan distribusi lemak ke lengan, kaki, dan pantat. 

Tim peneliti juga mengidentifikasi hampir seratus gen yang mempengaruhi distribusi jaringan adiposa ke berbagai kompartemen tubuh manusia. Para peneliti juga melihat tingkat heterogenitas yang tinggi di antara jenis kelamin. 

Mengapa Perut Buncit Lebih Banyak Dialami Pria Dibanding Wanita? Ini Penjelasannya

"Kita tahu bahwa wanita dan pria cenderung menyimpan lemak secara berbeda, wanita memiliki kemampuan untuk lebih mudah menyimpan lemak di pinggul dan kaki, sementara pria cenderung menumpuk lemak di sekitar perut mereka. 

“Ini telah dikaitkan dengan efek hormon seks seperti estrogen. Tetapi mekanisme molekuler yang mengendalikan fenomena ini tidak diketahui," kata Mathias Rask-Andersen, penulis penelitian. 

Related

Science 2920265402127085551

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item