Angler, Ikan Aneh yang Punya Antena Menyala di Dasar Laut

Angler (Melanocetus johnsoni) memiliki tubuh yang dapat berkembang hingga 5 inci, dan menyerupai bola basket. Ikan ini hidup pada kedalaman ...


Angler (Melanocetus johnsoni) memiliki tubuh yang dapat berkembang hingga 5 inci, dan menyerupai bola basket. Ikan ini hidup pada kedalaman 3.000 kaki di bawah permukaan laut. 

Yang menjadikannya aneh, ikan ini memiliki semacam antena yang terletak di atas mulutnya. Antena itu mengeluarkan cahaya berwarna biru kehijauan, mirip kunang-kunang. Dengan cahaya itu pula, ikan ini memikat calon-calon mangsanya.

Di kedalaman laut, cahaya yang dikeluarkan ikan ini menarik perhatian hewan-hewan lain, termasuk ikan-ikan kecil. Angler kemudian akan memangsa mereka yang mendekat, dan langsung menelannya. 

Uniknya, ikan ini juga dapat menelan utuh ikan lain yang tubuhnya lebih besar. Hal itu dimungkinkan karena tulang-tulang ikan ini sangat elestis, sehingga dapat mengembang.

Related

Science 5035484278243661659

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item