Cuma Mengorek-ngorek Trotoar, Orang Ini Mendapat Rp 14 Juta Per Minggu


Naviri Magazine - Dunia menyimpan banyak cara untuk menghasilkan uang, termasuk di tempat terkotor sekalipun. Misalnya kisah berikut ini, diceritakan oleh Unbelievable-Fact, seorang pria bernama Raffi Stephanian bekerja dengan mengais di trotoar jalanan New York.

Sehari-hari, Raffi selalu menelusuri jalanan kota NYC dengan bermodal pinset kecil dan wadah kecil sebagai alatnya. Pada awalnya terdengar aneh dan lucu, namun dari pekerjaan itu dia bisa menghasilkan 800-1.010 dollar AS, (Rp 11-14 juta) per minggu.

Dengan jeli, dia menggali ruas-ruas trotoar yang dipenuhi debu, untuk menemukan harta terpendam di dalamya. Menurut keterangannya, dia mulai bekerja pada pukul 19:30 ketika sebagian besar pertokoan dan aktivitas mulai sepi.

Kisahnya terkuak pada 2011, ketika seorang reporter The Post menemukan dia sedang merangkak di trotoar, dengan sepasang pinset di tangannya.

Sebelumnya, Raffi menjelaskan pernah bekerja di industri perhiasan selama 26 tahun. Oleh karena itu, dia paham betul tentang berbagai jenis logam berharga, dan dia mulai mencari-carinya di trotoar. Ya, Raffi sebenarnya adalah penambang emas jalanan.

Dia menggali logam mulia seperti berlian, rubi, emas, platinum, yang sebagian besar ternyata tercecer di antara debu yang nyempil di trotoar jalanan NYC. Dia menjelaskan bahwa, "Bahan itu biasanya jatuh dari pakaian mahal, sepatu, dan aksesoris lainnya, yang memiliki kandungan logam mulia."

"Karena orang-orang selalu berlarian dan berjalan cepat, mereka tidak menyadari bahwa benda itu terjatuh, dan mungkin pindah ke tempat lain karena angin dan hujan," katanya.

Potongan-potongan logam mulia itulah yang membuat Raffi Stephanian menggantungkan hidup dengan mencarinya. Hal itu membuatnya bisa mencari permata dengan baik tanpa gangguan.

Menurut Raffi kepada The Telegraph, retakan di trotoar 47th NYC, dipenuhi dengan permata berharga yang telah hilang selama 60 tahun. "Ini seperti tambang, tetapi lebih terkonsentrasi, saya mencoba menggalinya," kata Raffi.

Dia mendapatkan ide itu setelah berada di dekat 6th Avenue, dia melihat ada sisa-sisa emas di lantai, yang berarti masih ada sisa-sisa lainnya. Maka dia mulai menyusuri trotoar dekat 6th Avenue hingga ke jalan 47th, yang dikenal sebagai NYC Diamond District.

Menariknya, dia pernah mengumpulkan logam hanya dalam dua minggu, dan menghasilkan 1.010 dollar AS atau sekitar Rp14 juta. Meski demikian, penghasilan itu sebenarnya jauh dari kata cukup untuk hidup di salah satu kota terkaya di dunia.

Akan tetapi, Raffi mengaku mencintai pekerjaannya, dan dia merasa mendapatkan kesenangan dari profesi itu.

Related

World's Fact 8249594462417853555

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item