Ini 7 Hal yang Bisa Menyebabkan Sariawan di Mulut


Naviri Magazine - Sariawan adalah bercak putih bulat kecil, dengan lapisan merah di sekitarnya, yang hanya muncul di dalam mulut. Sakit di mulut ini mempengaruhi kegiatan sehari-hari, seperti makan, minum, dan berbicara menjadi sulit.

Bila ukuran bisulnya kecil, biasanya sembuh setelah lima sampai 10 hari. Tapi kalau besar, bisa mencapai satu bulan dan tentunya itu menyakitkan.

Sariawan muncul karena adanya bisul kecil yang meletus, akibat infeksi herpes simpleks, dan datangnya dalam jumlah banyak, sekitar 50-60. Hal ini sering dialami oleh kaum wanita.

Sebagian besar orang santai menanggapi penyakit ini, dan mengabaikan penyebabnya. Seharusnya diperiksa dengan benar, karena mungkin saja berhubungan dengan kesehatan.

Berikut ini faktor-faktor yang menyebabkan sariawan muncul, dilansir dari laman Boldsky:

Ketidakseimbangan hormonal

Bisul di dalam mulut disebabkan ketika ada ketidakseimbangan dalam hormon. Terutama perempuan yang cenderung mengembangkan sariawan sebelum dan selama menstruasi.

Stres

Dalam banyak kasus, ketika ada stres dan kecemasan, orang akan menderita sariawan. Juga pada saat-saat seseorang marah.

Infeksi herpes simpleks

Herpes simpleks adalah virus menular yang dapat menular kepada orang lain secara langsung, bisa melalui makanan yang dikonsumsi dalam satu piring yang sama, berbagi pelembap bibir, atau ciuman.

Alergi dengan makanan tertentu

Jika seseorang alergi terhadap makanan tertentu, mereka akan menimbulkan sariawan. Selain itu, banyak mengonsumsi makanan pedas pun jadi pemicu.

Anemia

Anemia disebabkan oleh kurangnya tingkat zat besi yang menyebabkan luka, serta bisul di mulut. Juga menimbulkan kekeringan di sekitar mulut, dan tenggorokan.

Kesehatan gigi buruk

Sariawan yang terjadi di sekitar gusi adalah karena kesehatan gigi yang buruk. Dari semua bentuk lain sariawan, ini yang paling sakit.

Kurang nutrisi

Nutrisi memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan secara keseluruhan. Bila ada kekurangan dalam nutrisi seperti vitamin B12, vitamin C, dan zat besi, akan menimbulkan sariawan.

Related

Health 3599336039837942663

Recent

item