Ini Penyebab Bentuk Payudara Akan Berubah Saat Usia Makin Tua


Naviri Magazine - Seiring bertambahnya usia, jaringan dan struktur payudara berubah. Hal ini disebabkan oleh perbedaan kadar hormon reproduksi yang disebabkan oleh proses penuaan. Akibat dari perubahan ini, payudara perempuan mulai mengendur, tak lagi kencang, dan penuh. 

Inilah beberapa hal yang perlu diketahui tentang perubahan payudara karena penuaan, seperti dilansir Health Line: 

Penurunan hormon estrogren secara alami 

Salah satu penyebab utama perubahan bentuk payudara saat tua adalah penurunan hormon estrogen reproduksi pada wanita. Berkurangnya jumlah estrogen menyebabkan kulit dan jaringan ikat payudara jadi kurang terhidrasi, sehingga jadi tidak kencang dan penuh. 

Payudara yang tidak lagi kencang dan penuh membuat bentuk payudara jadi lebih panjang dan longgar. Jaringan payudara yang padat digantikan oleh jaringan lemak saat proses penuaan terjadi. 

Menopause 

Sebagian besar perubahan bentuk payudara karena penuaan terjadi di periode menopause. Menopause merupakan proses alami selama ovulasi, di mana perempuan tidak lagi mengalami menstruasi. Hal ini biasanya dialami pada rentang umum 45 sampai 55 tahun.

Perempuan secara resmi memasuki masa menopause, ketika sudah tidak menstruasi selama 12 bulan.

Penyebab lain

Perempuan yang indung telurnya diangkat lewat proses operasi juga bisa mengalami perubahan bentuk payudara. Hal ini karena kehilangan hormon.

Perubahan payudara

Umumnya, perubahan bentuk payudara karena usia juga melibatkan: munculnya stretchmark; puting jatuh atau turun; payudara memanjang, meregang, atau pipih; dan ada ruang yang lebih luas di antara kedua payudara.

Namun, jika Anda mengalami perubahan tidak normal berikut ini, segera kunjungi dokter: Kemerahan, kerutan, penebalan kulit payudara, puting seperti keluar, nyeri pada payudara, ada benjolan keras, dan ukuran salah satu payudara sangat berbeda dibanding satunya.

Untuk diketahui, perubahan bentuk payudara karena proses penuaan adalah hal normal dan tidak perlu dikhawatirkan.

Related

Health 5370610998488059580

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item