Ini Perbedaan Gigi Anjing dengan Gigi Manusia


Naviri Magazine - Umumnya, makhluk hidup seperti manusia dan hewan memiliki gigi, yang ada di dalam mulut. Fungsi gigi adalah untuk mengunyah atau bahkan mencabik makanan/mangsa. Manusia maupun anjing sama-sama memiliki gigi untuk tujuan tersebut. Tapi bentuk dan fungsi gigi mereka berbeda.

Jumlah gigi manusia dewasa berbeda dengan jumlah gigi anjing. Manusia dewasa mempunyai 32 gigi, sedangkan anjing dewasa mempunyai 42 gigi. 

Bentuk, susunan dan ukuran gigi manusia pun berbeda dengan anjing. Rahang dan gigi manusia dirancang terutama untuk mengunyah, terlihat dari gigi geraham yang cukup besar dan permukaannya datar, yang cocok untuk mengunyah makanan.

Bentuk dan susunan gigi anjing yang tajam dan runcing terutama dirancang sesuai dengan pola makannya. Gigi yang tajam dan runcing tersebut digunakan terutama untuk memotong dan merobek daging mangsanya. 

Anjing tidak seperti manusia, mereka tidak banyak mengunyah makanan, tetapi langsung menelan makanan.

Anjing yang berukuran besar atau ras besar punya jumlah gigi yang sama dengan anjing ras kecil. Perbedaannya terletak pada ukuran rahang dan susunan gigi. Pada anjing ras kecil, jarak antara satu gigi dengan yang lain lebih dekat. 

Hal ini membuat karang gigi pada anjing ras kecil lebih mudah terbentuk. Pastikan untuk selalu rutin menyikat gigi anjing kesayanganmu, untuk mencegah pembentukan karang gigi.

Related

Science 2945034626526076816

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item