Inilah yang Dilakukan Manusia, Seusai Bencana Banjir Nuh Telah Reda


Naviri Magazine - Beberapa lama setelah air bah Nabi Nuh, muka bumi telah seperti sediakala, manusia dan peradabannya berkembang biak dengan pesat, juga dalam dosa. Mereka sudah melupakan penciptanya, melupakan fitrahnya sebagai manusia. 

Manusia masih bersatu di suatu tempat, berkumpul dengan satu bahasa, dan hidup mereka dipenuhi kesenangan duniawi. Hingga suatu ketika, mereka teringat pada air bah yang pernah memusnahkan isi bumi. Lalu berkatalah mereka kepada yang lain, “Marilah kita mendirikan sebuah menara yang tingginya mencapai langit, agar bila air bah itu datang, kita dapat menyelamatkan diri”.

Maka berkumpullah mereka, memulai proyek besar itu. Bangunan raksasa itu sudah berdiri dengan megah dan kokoh, kian hari kian bertambah. Sang Pencipta murka atas tingkah laku manusia itu, dan teringat pada sumpah bahwa ia tak akan pernah lagi memusnahkan isi bumi sebelum tiba waktunya. 

Maka dikacaukannya bahasa dari manusia-manusia itu, sehingga tidak lagi bisa saling mengerti. Impian mereka pun gagal, proyek itu gagal, dan manusia sejak saat itu tercerai berai dan terserak ke seluruh bumi. Inilah kisah Menara Babel.

Manusia senantiasa diliputi kecemasan dan rasa takut terhadap akhir kenikmatan, rasa sakit, dan kematian. Karena itulah mereka menciptakan utopia; menara yang sampai ke surga.

Fenomena Menara Babel memiliki kesamaan dengan masyarakat kita dewasa ini, yakni masyarakat yang melupakan visi kemanusiaannya; bahwa kesatuan dan kesepahamannya tentang kemanusiaan mereka yang memungkinkan mereka membangun peradaban dan kebudayaan yang tinggi dan maju. 

Manusia dari satu budaya, satu peradaban yang meninggalkan kemanusiaannya tak bisa lagi saling memahami, mengakibatkan mengakarnya sikap permisif terhadap kejahatan di sekitarnya; permusuhan bermotif penguasaan atas kehidupan orang lain. Sindrom itu menggerogoti manusia, dan manusia pun menjadi bebal, berhati degil, berjiwa kerdil, dan meludahi kemanusiaannya sendiri.

Related

History 77769350960516594

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item