Keju Serbia Menjadi Keju Paling Mahal di Dunia, Ini Rahasianya


Naviri Magazine - Pule Cheese dinobatkan sebagai keju termahal di dunia. Keju yang berasal dari peternakan Zasavica Preserve di Serbia ini, dijual dengan harga Rp 13.000.000 per 450 gram.

Apa yang menjadi kelebihan dan keunikan dari keju ini, hingga memiliki harga jual selangit?

Ternyata jawabannya terletak pada cita rasanya.

Menurut Manajer Peternakan Zasavica Preserve, Jivan Vuladinovic, keju ini terbuat dari susu keledai, bukan seperti keju lain yang dibuat dari susu sapi atau kambing. Oleh karena itu, keju Pule memiliki rasa asin berbeda, berwarna putih bersih, dan mempunyai tekstur yang mudah hancur. 

"Harga keju ini yang terbilang mahal sangat beralasan, karena beberapa hal, yakni keledai tidak memproduksi banyak susu seperti halnya sapi. Untuk menghasilkan susu saja, keledai harus diperah tiga kali sehari," kata Vuladinovic, dilansir dari Oddity Central.

Untuk 15 keledai saja, lanjut dia, hanya bisa menghasilkan satu galon susu. Dan membuat 1 pon keju atau setara 450 gram diperlukan sekitar 3,5 galon.

"Susu keledai memiliki nutrisi sangat bagus untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Dengan beberapa ekor keledai yang kami miliki untuk memproduksi susu, kami berpikir kenapa tidak mencoba membuat keju yang berasal dari keledai," tutur Jovan.

Diproduksinya keju Pule juga merupakan salah satu cara yang digunakan mempromosikan keledai Balkan. Dengan adanya keju jenis ini, semua orang bisa memahami dan merasakan kualitas susu keledai Balkan yang baik.

Related

World's Fact 7939721937723757204

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item