Kota-kota Dengan Kualitas Pendidikan Terbaik di Dunia (Bagian 1)


Naviri Magazine - QS World University Rankings melakukan studi yang menghasilkan daftar kota-kota di dunia yang dianggap memiliki atmosfer pendidikan terbaik. Dalam studi yang mereka lakukan, Paris menempati peringkat teratas atau di posisi pertama, diikuti London, Boston, dan Melbourne.

Studi yang dilakukan QS World University Rankings didasarkan pada sejumlah ukuran yang diambil dari informasi publik, survei, dan data yang masuk dalam QS World University Rankings. 

Ukuran-ukuran yang digunakan dalam studi di antaranya adalah kualitas institusi pendidikan, aktivitas pengajar, populasi, kualitas hidup, daya jangkau pendidikan, dan percampuran mahasiswa. 

Berikut ini sepuluh kota yang dinilai memiliki kualitas pendidikan terbaik di dunia.

Paris 

Paris, Prancis, telah terkenal sebagai kota bersejarah di dunia, juga populer sebagai kota budaya yang indah. Kenyataannya, Paris adalah kota yang paling banyak dikunjungi di dunia.

Dalam hal pendidikan, Paris memang tidak memiliki perguruan tinggi yang masuk dalam 30 besar terbaik dunia sebagaimana London atau Boston. Namun, Paris tetap menjadi rujukan dalam hal pendidikan di dunia. Di kota ini ada 16 perguruan tinggi yang masuk dalam daftar 500 terbaik dunia. 

Selain itu, Paris juga memiliki kenyamanan hidup serta aktivitas akademik dengan nilai tinggi. Yang lebih penting lagi, Paris juga memiliki keterjangkauan pendidikan yang lebih baik dibandingkan kota-kota terkenal lain semisal Boston atau London.

Beberapa perguruan tinggi di Paris, semisal ENS Paris, Ecole Polytechnique, Sciences Po and the Sorbonne, telah menghasilkan banyak filsuf, ilmuwan, juga tokoh-tokoh terkenal dalam 100 tahun terakhir. Belum lagi barisan seniman yang dihasilkannya. 

Di Paris, mahasiswa bisa mendapatkan pendidikan termaju, dengan ukuran kelas kecil sehingga lebih fokus pada aktivitas belajar, serta biaya pendidikan yang rendah.

London

London, Inggris, merupakan rumah bagi belasan perguruan tinggi yang masuk dalam daftar 500 terbaik dunia. Imperial College London dan University College London bahkan masuk sebagai sepuluh besar perguruan tinggi terbaik dunia, sementara London School of Economics and Political Science (LSE) masuk dalam lima terbaik dunia untuk perguruan tinggi ilmu sosial.

Selain memiliki perguruan-perguruan tinggi yang prestisius, London juga memiliki fasilitas perpustakaan kelas dunia, yang semakin menjadikan kota ini diminati banyak pelajar dari berbagai negara. London juga menawarkan aneka kebudayaan, kreativitas, kehidupan malam, serta kebhinekaan. Sekadar catatan, sepertiga mahasiswa yang belajar di London adalah mahasiswa internasional.

Di luar pendidikan, London menghadapi masalah biaya hidup yang terus merangkak naik. Akibatnya, kebanyakan mahasiswa yang belajar di sana pun umumnya berasal dari kalangan atas. Mungkin biaya hidup yang mahal itu merupakan penyeimbang kualitas pendidikan yang ada di sana.

Boston 

Massachusetts Institute of Technology (MIT) adalah perguruan tinggi nomor satu terbaik di dunia, dan perguruan tinggi itu terdapat di Boston, Amerika Serikat. Harvard University, yang menduduki peringkat tiga perguruan tinggi terbaik di dunia, juga ada di Boston. 

Dua perguruan tinggi hebat itu menjadi daya tarik utama para pelajar dari berbagai negara untuk belajar di Boston. Karenanya, kota ini pun menjadi tempat perpaduan dan percampuran mahasiswa dari berbagai penjuru.

Selain memiliki kampus-kampus hebat, Boston juga menawarkan kualitas hidup yang baik, aktivitas pengajar yang tinggi, khasanah budaya, seni, dan politik, juga ruang-ruang terbuka hijau. Di luar itu, masalah dengan Boston adalah biaya pendidikan yang tinggi, sehingga banyak kalangan yang sulit mengakses perguruan-perguruan tinggi mereka.

Melbourne 

Melbourne adalah kota pendidikan nomor satu di Australia. Ada enam perguruan tinggi di Melbourne yang masuk daftar 500 universitas terbaik dunia. Karenanya, kota ini pun menjadi ikon industri pendidikan bagi Australia, serta menjadi pusat tujuan mahasiswa dari berbagai penjuru dunia. Kenyataannya, sepertiga mahasiswa yang kuliah di kota ini adalah warga asing.

Selain kualitas pendidikan yang diakui dunia, Melbourne juga menawarkan kenyamanan hidup. Kota ini hanya dihuni sekitar 4 juta jiwa, sementara mahasiswa yang belajar di sana berjumlah sekitar 180 ribu orang. Dengan populasi penduduk yang tidak terlalu padat, Melbourne adalah sebuah kota yang tenang dan nyaman.

Baca lanjutannya: Kota-kota Dengan Kualitas Pendidikan Terbaik di Dunia (Bagian 2)

Related

Education 1593254933593942470

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item