Mengapa Kita Menutup Mata Saat Bersin? Ternyata Ini Sebabnya


Naviri Magazine - Bersin adalah tindakan secara refleks, yakni tindakan dimana tubuh kita melakukan sesuatu secara otomatis, dan seringkali kita tidak dapat mengontrolnya. Istilah dalam dunia kesehatannya adalah "sternutatory reflex", yang kurang lebih artinya refleks mengeluarkan benda/cairan.

Menutup mata ketika bersin adalah juga tindakan refleks. Ada banyak teori tentang hal ini, tetapi tidak ada bukti tentang mana yang benar. 

Ada yang berasumsi bahwa kelopak mata Anda secara refleks menutup sebagai cara untuk melindungi mata dari kuman atau partikel yang dikeluarkan dari hidung dan mulut. Ada juga yang berpendapat, mata refleks menutup karena adanya antisipasi embusan udara ke mata karena bersin.  

Ada juga yang berpendapat bahwa ada tekanan yang luar biasa besar pada saat seseorang bersin, dan sebagian besar tekanan terjadi di mata, sehingga mata secara refleks menutup karena merasa tidak nyaman.

Apapun yang menyebabkan kita bersin, jangan lupa tutup mulut dan hidung saat bersin ya.

Related

Health 5715308733377133471

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item