Mengapa Kita Mudah Lupa Nama Orang yang Baru Kita Kenal? Ini Penjelasannya


Naviri Magazine - Para ilmuwan menyebut peristiwa ini sebagai “next-in-line effect’. Sebagian dari kita pasti pernah mengalami peristiwa di mana kita berkenalan dengan orang lain dan tidak mengingat namanya sesaat setelah berkenalan, bahkan kadang hanya terjadi beberapa detik atau menit setelah kita saling berkenalan. 

Beberapa orang menganggap ini hanya terjadi pada orang yang pikun atau tua, namun faktanya hampir terjadi pada semua orang. Para ilmuwan pernah meneliti tentang kejadian ini dan menemukan bahwa sebagian besar peristiwa tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor utamanya adalah otak manusia yang sulit menerima informasi acak sehingga mudah terdistraksi. 

Pada saat kita berkenalan dengan orang lain, ada banyak informasi yang kita terima dan menyebabkan tidak bisa kita serap semua, dan sebagian besar adalah informasi awal saat hal itu terjadi. 

Faktor ini ternyata juga dipengaruhi oleh diri kita sendiri karena terlalu khawatir akan apa yang terjadi, dan memikirkan apa yang akan terjadi selanjutnya, sehingga nama orang yang diucapkan sekilas akan terlewat dengan begitu mudah. Sering kali kita lebih mengingat wajah atau ciri orang tersebut.

Related

Psychology 6837735300304959439

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item