Mengenal Cacophobia, Ketakutan Dianggap Jelek, dan Penyebabnya


Naviri Magazine - Ada fobia yang disebut cacophobia, yaitu ketakutan dianggap jelek. Fobia ini bisa terjadi pada siapa saja, dan terkadang berkembang sejak masih anak-anak—biasanya akibat olok-olok yang menimbulkan trauma. Orang yang memiliki fobia ini pun umumnya merasa kurang cantik atau menarik, atau takut pada penilaian orang lain atas penampilan fisiknya.

Pengidap cacophobia sering kali juga memiliki sindrom lainnya, seperti body dysmorphic syndrome atau sindrom tidak bisa melihat wajah dan tubuhnya sendiri. Kondisi itu bisa berakibat seseorang mengalami depresi, anoreksia, bulimia, atau makan secara emosional. Sebegitu terobsesinya pada pencitraan diri, mereka pun kadang terpuruk sangat dalam. 

Seperti disebutkan di atas, cacophobia ditimbulkan akibat olok-olok atau intimidasi yang sifatnya merendahkan bagian tubuh tertentu, sehingga si penderita pun kemudian menganggap penampilan tubuhnya tak sempurna. Hal itu lalu berkembang menjadi rasa takut mendalam terhadap kejelekan atau keburukan yang berhubungan dengan tubuhnya. 

Gejala yang timbul pada pengidap cacophobia berbeda antara satu orang dengan lainnya. Beberapa orang akan mulai berkeringat, merasa tidak nyaman atau mual, yang pada akhirnya bisa mengalami kecemasan yang melumpuhkan atau serangan panik. 

Gejala lain yang mungkin timbul adalah mulut kering, sesak napas, ketegangan otot, gemetar, detak jantung yang cepat, serta merasa seperti akan tertimpa bencana.

Di masa remaja, atau bahkan dewasa, kadang-kadang orang mengolok-olok penampilan fisik temannya dengan tujuan bercanda atau serius. Sebagian orang mungkin mendapatkan hiburan menyenangkan dari hal itu, tetapi kesenangan sadis semacam itu dapat meninggalkan trauma pada si korban, yang akhirnya mencetuskan fobia seperti digambarkan di atas.

Seseorang yang memiliki fobia itu pun biasanya cenderung akan berusaha sekuat tenaga melakukan banyak hal agar dapat terlihat sempurna. Di sisi lain, ia juga sangat ketakutan ketika harus bercermin atau beraktivitas di luar, sehingga terkadang menghambat atau mengganggu aktivitasnya sehari-hari.

Related

Psychology 1763597360632124361

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item