Perlu Tahu, Ini 5 Racun Berbahaya yang Memiliki Efek Mematikan


Naviri Magazine - Banyak racun di dunia, sebagian merupakan bahan alami, sebagian lain merupakan hasil buatan manusia. Dari banyak racun tersebut, ada yang memiliki efek tak terlalu berbahaya, namun ada pula yang efeknya sangat mematikan. Di antara yang memiliki dampak mematikan, berikut ini lima di antaranya.

1. Polonium-210

Salah satu racun yang pernah digunakan untuk pembunuhan politik adalah polonium-210. Unsur yang ditemukan pada 1898 oleh ilmuwan Marie dan Pierre Curie ini menjadi penyebab kematian pemimpin Palestina, Yasser Arafat, pada 2004. Intelijen Israel diduga kuat berada di belakang pembunuhan tersebut.

Polonium-210 juga yang merenggut nyawa Alexander Litvinenko, mantan agen Rusia yang membelot ke Inggris pada 2006. Diduga kuat, rezim Moskow berada di balik pembunuhan Litvinenko.

Ketika luruh, Polonium-210 melepaskan partikel alfa yang berbahaya bagi tubuh, zat tersebut akan merasuk ke aliran darah, limpa, ginjal, dan liver, serta sumsum tulang. Akibatnya, tubuh manusia seperti terkena kanker stadium akhir.

Manusia yang terpapar akan mengalami kerusakan liver dan ginjal. Setelah itu, rasa mual dan sakit kepala ekstrem akan mengikuti. Sang korban akan mengalami muntah, diare, dan kerontokan rambut. Kematian pun akan tiba dalam rentang waktu beragam, bisa dalam hitungan hari maupun pekan.

2. Sarin

Ibnu Al Khattab, pemimpin pemberontak Chechnya, tewas diracun zat sarin pada 2002. Perlawanannya terhadap rezim Rusia di Moskow menjadi penyebab kematian pria bernama asli Samir Saleh Abdullah Al Suwailem ini.

Zat ini dibuat di Jerman pada 1938 sebagai pestisida. Namun CDC menyatakan sarin lebih mematikan dari pestisida biasa. Zat ini 'ampuh' membunuh manusia apabila dicampur dalam minuman dan makanan.

Selain itu, menyemprotkan sarin ke udara juga bisa membunuh manusia. Sama seperti VX, sarin juga sulit dikenali sebagai zat berbahaya karena berupa cairan bening, tak berwarna, tak berbau dan tak memiliki rasa.

Manusia yang sudah terkena gas sarin, dalam rentang waktu beberapa detik akan mengalami sakit mata, diare, lemas, muntah dan ketidakteraturan detak jantung. Jika terkena sarin dalam jumlah besar, baik berbentuk cair maupun gas, gejalanya akan lebih dahsyat yakni lumpuh, kejang-kejang, hingga tak bisa bernapas.

3. Arsenik

Arsenik adalah racun yang melenyapkan nyawa aktivis HAM, Munir Said Thalib, pada 2004. Arsenik merupakan unsur kimia semilogam yang berbentuk bubuk putih, dan tanpa rasa serta bau. Manusia dapat terpapar arsenik melalui makanan, minuman maupun udara.

Manusia yang terkena racun ini akan menunjukkan dua kemungkinan gejala. Kemungkinan pertama adalah kelumpuhan parah yang bisa terjadi dalam waktu 1-2 jam setelah konsumsi. Biasanya, kelumpuhan itu sering diiringi dengan perilaku mengigau atau ketidakwarasan. 

Sedangkan kemungkinan kedua adalah gangguan pencernaan seperti mual, muntah, sakit kepala, dan diare. 

Zat arsenik dapat mematikan manusia karena merusak sistem pencernaan secara hebat, sehingga menyebabkan kekacauan bagian dalam tubuh. Akibatnya, kondisi tubuh semakin menurun dan kematian pun tinggal menunggu waktu.

4. Botulinum Toxin (Botox)

Botulinum toxin menyebabkan botulisme, kondisi fatal jika tidak segera diobati. Racun ini melibatkan kelumpuhan otot, yang pada akhirnya mengarah pada kelumpuhan sistem pernapasan yang dapat berujung kematian.

Bakteri masuk ke dalam tubuh melalui luka terbuka atau dengan menelan makanan yang terkontaminasi. Sekadar informasi, toksin botulinum adalah hal sama yang digunakan untuk suntikan Botox!

5. Dimethylmercury

Zat yang satu ini tergolong sebagai pembunuh lambat buatan manusia! Tapi justru inilah yang membuatnya lebih berbahaya. Penyerapan dosis serendah 0.1 ml telah terbukti berakibat fatal. Namun, gejala keracunan baru mulai muncul setelah berbulan-bulan paparan awal, namun tetap terlambat untuk diobati.

Related

Science 7234877924947726803

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item