Secara Ilmiah, Mungkinkah Orang Bisa Mengendalikan Api Melalui Pikirannya?

Naviri Magazine - Pyrokinetik adalah kemampuan seseorang membakar tanpa perlu api. Hanya cukup dengan kekuatan pikiran, seseorang dapat mem...


Naviri Magazine - Pyrokinetik adalah kemampuan seseorang membakar tanpa perlu api. Hanya cukup dengan kekuatan pikiran, seseorang dapat membakar apa saja. Kemampuan semacam itu dipercaya banyak orang, dan sering dijadikan pertunjukan. 

Dari sudut pandang ilmiah, pyrokinetik dianggap mustahil, karena tubuh manusia (atau pikiran) tidak dapat menghasilkan panas yang cukup untuk membakar apa pun dengan sendirinya. Gelombang otak manusia terlalu lemah untuk menghasilkan suhu tinggi. 

Pada abad ke-19, seorang Afrika-Amerika bernama A.W. Underwood diklaim memiliki kemampuan pyrokinesis. Ia terlihat bisa membakar tanpa menggunakan api. Sampai kemudian diketahui kemampuan itu melibatkan penggunaan fosfor putih. Fosfor putih dapat terbakar di udara dalam suhu hanya sekitar 30 derajat Celcius. 

Suhu itu hanya sedikit di bawah suhu tubuh manusia biasa, sehingga hanya dengan bernapas atau menggosoknya, fosfor tersebut dapat terbakar. Jika kita menaburkan fosfor putih di baju atau apa pun yang kita pegang, kita akan terlihat memiliki kemampuan pyrokinesis.

Related

Science 2661783292392140197

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item