Seputar Kesehatan Mulut: Tips Mencegah dan Merawat Gusi Turun

Naviri Magazine - Secara umum langkah pencegahan gigi turun dapat dilakukan dengan melakukan perawatan gigi dengan baik dan rutin, yakni de...


Naviri Magazine - Secara umum langkah pencegahan gigi turun dapat dilakukan dengan melakukan perawatan gigi dengan baik dan rutin, yakni dengan menyikat gigi, flossing, dan menggunakan obat kumur.

Anda juga dapat melakukan pemeriksaan dokter gigi rutin enam bulan sekali. Selain itu hindari faktor risiko penyebab gigi turun, seperti kebiasaan merokok dan asupan makanan yang merusak gigi dan gusi.

Gusi turun umumnya terjadi secara perlahan dan bertahap. Anda mungkin melihat gusi Anda tampak baik dan sehat. Namun, cobalah untuk perhatikan baik-baik keadaan gusi dan gigi Anda setiap hari.

Jika kondisi gusi menyusut, gusi membengkak, berwarna kemerahan, dan mulut terasa tidak enak, sebaiknya segera berobat ke dokter gigi. Dokter dapat menentukan prosedur terbaik yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi Anda. 

Memang mencegah lebih baik daripada mengobati. Namun apabila sudah terjadi, semakin cepat diobati maka akan semakin baik dan cepat pemulihannya.

Bagaimana cara merawat gusi turun yang sudah diobati?

Jika Anda menjalani pengobatan gusi turun dengan metode scaling gigi atau cangkok jaringan lunak, perawatan lanjutan perlu dilakukan untuk mempercepat proses pemulihannya.

Terlebih untuk cangkok jaringan lunak yang juga menggunakan prosedur bedah, mungkin akan timbul rasa tidak nyaman di mulut. Untuk mempercepat proses kesembuhan gusi setelah operasi, berikut beberapa hal yang perlu Anda lakukan.
  • Hindari merokok dan mengkonsumsi alkohol
  • Atur pola makan dengan makanan bertekstur lembut
  • Jangan menggigit keras atau menggeretakkan gigi
  • Ikuti anjuran lebih lanjut dari dokter

Related

Tips 745479291288785759

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item